Tips Merawat Souvenir, Anti Ribet dan Gampang Dilakukan

Kamu sering pergi ke nikahan teman? Gak perlu galau dan julid lantaran masih aja single ya, ini hanya soal waktu dan giliran. Insya Allah sebentar lagi gantian kamu yang ngundang mereka untuk datang di pesta pernikahan kamu. Eits, tapi bukan itu point yang pengen Admin sampaikan. Admin mau berebagi beberapa tips merawat souvenir yang sering kamu dapat, biar nggak berserak dan bulukan dimakan waktu.

tips merawat souvenir

souvenir sendok garpu kayu

Tips Merawat Souvenir, Anti Ribet dan Gampang Dilakukan

Souvenir merupakan ungkapan terima kasih dari sang empunya hajatan kepada tamu undangan. Souvenir bukan sekedar formalitas belaka, tapi terkandung banyak nilai filosofis di dalamnya. Mulai dari jenis souvenir, warna souvenir bahkan kemasannya dipilih sebaik mungkin, supaya kamu yang nerima juga seneng, nggak kecewa dan pastinya kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Apabila souvenir yang dibagikan bukan merupakan benda fungsional, bukan berarti kamu boleh mengabaikannya begitu saja apalagi membuangnya. Tidak boleh ya, Kakak. Kamu bisa menyimpannya sebagai kenang-kenangan. Nah, seperti ini nih tips merawat souvenir yang gampang bin simple ala Admin Sekar Kencana.

  1. Siapkan rak khusus, kalau bisa rak kaca ya
  2. Apabila souvenir memakai kemasan plastik, sebaiknya buka plastiknya
  3. Pisahkan souvenir fungsional dan souvenir pajangan
  4. Susun souvenir berdasarkan jenisnya
  5. Kamu bisa membersihkan souvenir berkala sesuai kebutuhan dan karakter souvenir.

Untuk lebih jelasnya, mari kita ulas satu demi satu.

Siapkan rak khusus, kalau bisa rak kaca ya

Rak atau kabinet merupakan perabot paling efektif untuk menyimpan berbagai benda, selain space penyimpanan ada banyak, juga menghemat ruang karena berbetuk fertikal. Supaya aman dari debu, kamu bisa menggunakan rak kaca. Hal ini akan menghemat waktu dan tenagamu berkali-kali lipat. Kamu nggak perlu sering-sering membersihkan souvenir koleksimu karena sudah terlindung oleh kaca.

Apabila souvenir memakai kemasan plastik, sebaiknya buka plastiknya

Kenapa mesti dibuka, kan plastik melindungi souvenir dari debu? Oh, bukan seperti itu. Karena souvenir sudah kamu letakkan di kabinet, kamu nggak lagi memerlukan plastik. Plastik akan mengurangi estetika souvenir yang kamu pajang di rak. Juga, plastik justru akan berdampak kurang baik pada souvenir-souvenir yang terbuat dari bambu, misal kipas batik. Kenapa? Karena bisa saja tumbuh jamur atau sejenisnya apabila souvenir dalam keadaan lembab.

Pisahkan souvenir fungsional dan souvenir pajangan

Ada 2 kategori souvenir yang sering dibagikan dalam berbagai event, yaitu souvenir fungsional dan souvenir kenang-kenangan. Souvenir fungsional adalah souvenir yang bisa kamu manfaatkan sehari-hari misalnya pouch/dompet, peralatan makan dan minum seperti gelas, gantungan kunci dll. Souvenir kenang-kenangan seperti keramik, patung-patung, hiasan kulit kerang dll.

Susun souvenir berdasarkan jenisnya

Kamu bisa mengorganisir souvenir berdasarkan jenisnya dan menatanya dengan rapi di kabinet. Khusus untuk souvenir fungsional, kamu bisa memajangnya di bagian bawah, apabila sewaktu-waktu ingin dipakai, tinggal ambil. Souvenir yang bersifat kenang-kenangan sebaiknya diletakkan di rak bagian atas, di mana kamu jarang mengutak-atiknya.

Kamu bisa membersihkan souvenir berkala sesuai kebutuhan dan karakter souvenir.

Kalau sudah disimpan dalam kabinet, sebenarnya udah aman, karena, over all, souvenir sudah terlindung dari debu. Kamu hanya perlu sesekali membersihkan jika dirasa butuh. Bisa dengan lap, kemoceng atau vacuum cleaner beberapa bulan sekali.

Nah, gimana, mudah banget kan?

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply