Tips Memilih Kartu Ucapan Terima Kasih untuk Souvenir

Kartu ucapan terima kasih yang tertera dalam souvenir pernikahan bukan sekedar pelengkap biar pantes dilihat dan biar cakep, tapi ada fungsinya. Fungsi kartu ucapan terima kasih adalah sebagai ungkapan tertulis rasa terima kasih dan syukur atas kehadiran tamu undangan. Selain itu, desain kartu ucapan terima kasih yang unik juga mengekspresikan siapa diri kalian.

kartu ucapan terima kasih

Nah,sudah tahu belum, gimana sih cara memilih kartu ucapan yang baik untuk souvenir pernikahanmu? Caranya cukup simple.

Pertama kamu harus tahu jenis kertas yang dipakai untuk mencetak kartu ucapan. Kertas cetak ada macam-macam. Ada kertas samson. Bukan nama group band ya, tapi jenis kertas. Kertas samson ini mempunyai karakteristik khas, yaitu warnanya coklat.dengan gramasi ringan, biasa digunakan untuk membuat paperbag. Ada kertas manila. Sudah pada tahu kan, waktu kalian SD suka disuruh oleh bapak ibu guru bikin kerajinan tangan dengan menggunakan kertas warna warni. Nah, itulah kertas manila. Ada lagi kertas duplex. Kertas duplex ini khas banget, satu sisi berwarna coklat kasar, sisi sebaliknya putih mengkilap. Kertas duplex biasa dipakai untuk membuat box nasi. Kalau kamu kondangan di tempat orang hajatan, pulangnya dibawain nasi kotak, nah bisa dipastikan itu kotak terbuat dari kertas duplex 😀

kartu ucapan terima kasih

Kertas jenis ke-empat adalah kertas ivory. Kertas ivory memiliki permukaan licin mengkilap. Nah, kertas ivory ini yang cocok dipakai untuk pembuatan kartu ucapan terima kasih atau thank’s card. Selain harganya nggak mahal-mahal banget, hasil cetaknyapun bagus. Pilih kertas ivory dengan gramasi 320. Nggak begitu tebal, tetapi juga nggak terlalu tipis.

kartu ucapan terima kasih

Kertas sudah, sekarang kita lanjut dengan ukuran kartu ucapan terima kasih. Kartu ucapan terima kasih yang baik untuk souvenir adalah yang sesuai dengan size souvenir. Kalau kamu memilih souvenir pernikahan pena misalnya, ya pilihlah kartu ucapan yang kecil. Jangan sampai kartu ucapan yang ditempel di souvenir malah menutup souvenir. Yang kelihatan kartunya ketimbang penanya. Kalau kamu memilih souvenir handuk mandi yang sizenya gede, ya pakailah kartu ucapan terima kasih yang agak besar. Bisa 8 cm x 5 cm, atau bila berbentuk lingkaran, bisa memakai yang diameter 5.5 cm.

Yang ke-tiga, desain. Kata desain ini sepertinya harus saya tulis pakai huruf kapital deh. Kenapa? Karena menurut saya desain adalah nafas dari kartu ucapan itu sendiri. 😀  Desain kartu ucapan terima kasih yang lucu, unik dan berbeda dari kebanyakan bisa menjadi daya tarik tersendiri di mata tamu undangan. Bisa jadi mereka malah gagal fokus, nggak merhatiin souvenirnya, tapi malah melototin kartu ucapannya…hehehe.

Nah, cukup tiga hal tersebut. Ingat ya, kalau kamu mau pesan souvenir pernikahan, pakailah kartu ucapan terima kasih yang menarik dan nggak ngebosenin. Selamat mencoba!

Related Posts

3 Responses

  1. Kartu ucapan terima kasih yang biasa disematkan dengan souvenir menjadi pilihan cerdas, karena saat pesta kadang ada saja yang terlewat meskipun sdh di rancang sedemikian rupa lupa atau ada juga undangan yg sdh harus keluar dr pesta karena harus memenuhi undangan lainnya, biasanya satu hari bisa lebih dari satu undangan,

    nah kartu ucapan terima kasih ini diharapkan bisa mewakili ucapan terima kasih untuk kehadirannya dan doa restunya dari saibulhajat

    Maya 31 July 2017 at 13:32 Reply
  2. oh ya
    terima kasih sharenya jadi tahu informasi nama kertas yang baik digunakan untuk pembuatan kartu ucapan terima kasih

    Maya 31 July 2017 at 13:34 Reply
  3. lengkap sekali mba penjelasannya tentang tips memilih kartu ucapan terima kasih. semoga tambah sukses yah mba usaha nya…
    maaf baru bsa berkunjung lgi kesini hihiii .. ?

    Eka Ikhsanudin 31 July 2017 at 15:34 Reply

Leave a Reply