Ingin Pernikahan Anda Berbeda Dengan yang Lain? Yuk Gunakan Souvenir Ramah Lingkungan Agar Lebih Menarik

Pernikahan merupakan salah satu ibadah yang sakral, baik pasangan yang akan menikah atau keluarga besar dari kedua belah pihak. Oleh karena itu, pernikahan harus direncanakan agar berjalan dengan baik. Mulai dari konsep resepsi pernikahan, catering, fotografer hingga gaun dan make up yang akan digunakan. Selain itu, souvenir juga perlu disiapkan dengan baik. Hal ini dikarenakan souvenir merupakan barang yang akan digunakan untuk dibawa oleh tamu undangan sebagai kenang-kenangan. Maka dari itu, dalam memilih souvenir sebisa mungkin bbermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan ramah lingkungan. Souvenir yang akan diberikan untuk tamu tidak ingin terbuang sia-sia, bukan?  

Souvenir ramah lingkungan merupakan souvenir yang sangat disarankan. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi sampah yang berada di bumi. Selain itu, menggunakan souvenir ramah lingkungan juga bisa menjadi suatu yang unik untuk konsep pernikahan kamu. Penasaran jenis souvenir apa aja yang bisa kamu gunakan nanti? Yukk simak terus ulasan ini sampai tuntas.

Macam-Macam Souvenir Ramah Lingkungan  yang Bisa Digunakan

Souvenir yang akan diberikan untuk tamu sebisa mungkin dapat dipakai sehari-hari. Selain itu souvenir juga harus unik agar terlihat beda dari yang lain. Berikut beberapa barang yang bisa kamu jadikan referensi, diantaranya:

  1. 1. Sedotan Stainless

Pada saat ini sedang marak dengan adanya pengurangan penggunaan sampah plastik. Hal ini dikarenakan sampah plastik merupakan sampah dengan waktu penguraian yang lama sehingga bisa merusak lingkungan. Dari sekian banyak macam sampah plastik, sedotan merupakan sampah yang tergolong sulit diuraikan.

sedotan stainless

 

Kamu bisa menggunakan sedotan yang berbahan stainless. Dengan demikian, sedotan bisa dipakai berulang kali dan bisa dibawa kemana-mana. Selain itu, kamu telah turut ikut mendukung aksi cinta lingkungan.

  2. Handuk Kecil

Handuk kecil merupakan barang souvenir berikutnya yang ramah lingkungan. Mengapa demikian? Dengan menggunakan handuk kecil bisa menggantikan penggunaan tisu. Dengan demikian, kamu bisa turut andil dalam pengurangan jumlah tisu. 

Seperti kita ketahui, tisu berasal dari bubur kertas yang diolah dari kayu akasia dan eukaliptus. Terbayang berapa juta hektar hutan tanaman industri yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan tisu di dunia? Dengan langkah kecil kita, diharapkan penggunaan tisu berkurang sehingga keseimbangan lingkungan juga lebih terjaga.

  3. Goody Bag

Souvenir berikutnya ialah goody bag. Goody bag merupakan salah satu souvenir ramah lingkungan yang direkomendasikan. Pemilihan goody bag yang akan dijadikan souvenir sebisa mungkin menggunakan bahan kanvas. Hal ini dikarenakan bahan ini lebih tebal, sehingga penggunaannya lebih awet dan nyaman digunakan.

Goody bag ini bisa digunakan sehari-hari, seperti untuk wadah barang belanjaan pengganti kantong plastik. Agar souvenir kamu lebih berkesan dan menarik dan personal, kamu bisa memesan desain custom kepada vendormu.

  4. Botol Minum

Barang ini merupakan barang yang bisa digunakan sebagai souvenir selanjutnya. Anda bisa juga mendesain botol minum agar terlihat lebih unik. Kegunaan dari botol minum ini adalah untuk mengurangi jumlah plastic yang terdapat pada botol. Dengan demikian barang ini bisa digunakan para tamu undangan.

ramah lingkungan

souvenir ini bisa kamu pesan di sini

 Souvenir Ramah Lingkungan Anti-Mainstream

5. Benih Tanaman

Selanjutnya barang yang tak kalah unik ialah benih tanaman. Jika saat ini sedang populer tanaman hias calathea dan monstera, kamu bisa tampil lebih anti mainstream dengan menyuguhkan souvenir biji tanaman seperti sawi, kangkung, cabai. seledri, bayam dan lain sebagainya. Ajak para tamu undangan untuk ber-urban farming, menanam tanaman konsumsi yang lebih sehat secara organik.

ramah lingkungan

  6. Tanaman Hias Berukuran Mini

Souvenir ini sudah mulai banyak orang yang menggunakannya. Tanaman yang biasa digunakan untuk souvenir ialah tanaman sukulen, kaktus, sansevieria ataupun adenium. Cara perawatan tanaman ini cukup mudah. Souvenir ini merupakan souvenir ramah lingkungan dengan harga yang cukup terjangkau.

  7. Sabun Organik

Sabun organik membuat kulit tetap terlindungi. Sementara bahan kimia pada sabun non-organik atau sabun biasa bersifat merusak. Hal ini karena lemak hewani yang digunakan dalam pembuatan sabun sering menyebabkan iritasi pada kulit. Beberapa sabun organik yang bisa kamu pilih diantaranya sabun susu kambing, serai, teh hijau, kopi bahkan beberapa sari bunga-bungaan.

  8. Kantong Koin

Barang selanjutnya yang bisa kamu pilih untuk dijadikan souvenir ialah kantong koin. Kantong koin ini dibuat dengan menggunakan benang wol. Barang ini lebih disukai oleh wanita dikarenakan memiliki warna yang menarik. Selain itu kantong koin ini memiliki bentuk unik dan eye catching.

Kantong koin tidak melulu digunakan untuk menyimpan uang logam, tetapi bisa juga untuk menyimpan berbagai printilan kecil seperti bros, pin, jepit rambut atau karet gelang. 

  9. Pigura

Pigura merupakan souvenir berikutnya yang direkomendasikan untuk bisa dijadikan souvenir. Pigura akan terlihat estetik, pilihlah warna putih, coklat ataupun hitam untuk warna pigura. 

Selain itu agar terkesan ramah lingkungan, carilah pigura yang memiliki bahan dasar kertas. Pilihlah ukuran kecil atau sedang agar tamu undangan tidak repot membawanya.

  10. Minuman Bubuk

Dari sekian banyak barang yang bisa digunakan untuk souvenir, ternyata produk minuman kering bisa digunakan untuk souvenir. Anda bisa menggunakan minuman kopi atau teh kering sebagai souvenir. Ini memang sangat berbeda dari yang lain. Kamu patut coba untuk yang satu ini.

Selain ramah lingkungan, souvenir ini bisa bermanfaat bagi tubuh. Sebaiknya dalam memilih minuman untuk dijadikan souvenir, pilihlah varian yang unik seperti teh herbal atau kopi khas aceh atau yang lainnya.

Seperti yang sudah kamu ketahui, pernikahan merupakan peristiwa yang sakral dengan menggabungkan dua keluarga besar. Dalam menyelenggarakan pernikahan semua pihak pastinya sudah menyiapkan semuanya, mulai dari konsep pernikahan, catering, fotografi dan gaun yang dipakai. Selain itu, souvenir pun juga harus disiapkan.

Semoga ulasan ini dapat membantu kamu dalam memilih souvenir yang unik dan berkesan. Jadi, mau pilih yang mana souvenir untuk pernikahan nanti? Untuk belanja souvenir pernikahan premium dan custom, silakan memesan di Sekar Kencana Jogja. Vendor souvenir custom untuk berbagai event dengan kualitas premium dan harga bersahabat. Hubungi kontak WA 081328781696 atau shop kami dengan klik icon WA di layar.

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan