Souvenir Pernikahan Unik? Pilih Souvenir dari Bahan Natural

Bersyukur banget kita tinggal di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai kekayaan jenis tumbuhan luar biasa di dunia. Hal ini karena posisi geografis Indonesia yang sangat menguntungkan, terletak di antara dua benua yaitu Asia dan  Australia. Setiap pulau di Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang berbeda. Hal ini pulalah yang menyebabkan adanya tumbuhan endemik yang hanya bisa ditemui di daerah tertentu di Indonesia. Selain itu, Indonesia terletak di daerah tropis sehingga memiliki keanekaragaman hayati tinggi dibandingkan dengan daerah subtropis dan kutub.

souvenir pernikahan unik

esqtours.com

Karena banyaknya kekayaan flora di negara kita, masyarakat kreatif kita yang peduli dengan lingkungan mencoba memanfaatkan berbagai jenis hasil alam tersebut untuk disulap menjadi bahan kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. Tidak semata-mata mengambil hasil alam, beberapa malah lebih memilih bahan yang kiranya bisa dipakai kembali atau daur ulang. Ada banyak bahan natural yang bisa didaur ulang menjadi produk-produk unik. Contohnya nih, sabut kelapa. Hasil utama kelapa berupa santan dan minyak sudah banyak yang tahu ya. Industri modern dengan alat canggih sudah menghandle produksi santan dan minyak, dipasarkan dengan kemasan praktis dan menarik. Nah, kemudian limbah sabutnya diapain? Di sinilah peran masyarakat kreatif dimulai. Contohnya di Jember, Jawa Timur, di sana terdapat sentra industri pengolahan sabut kelapa menjadi keset, sapu, penyaring air dan alat-alat bermanfaat lainnya.

Selain sabut, ada lagi tempurung kelapa. Tempurung kelapa mempunyai tekstur yang keras, berwarna gelap dengan corak khas garis-garis tak beraturan. Masyarakat Jawa tempo dulu memanfaatkan batok atau tempurung kelapa sebagai perlengkapan dapur. Dengan cara manual, mereka membentuk batok menjadi mangkuk, sendok nasi, sendok sayur, bahkan tempat perhiasan atau cepuk. Saat itu, belum ada ide memanfaatkan batok menjadi barang komersil seperti sekarang ya. Hanya sebatas dipakai sendiri.

Souvenir Pernikahan Unik

Saat ini, sendok sayur yang terbuat dari batok kelapa menjadi barang langka dan unik. Di pasar modern, belum tentu loh bisa menemukan hasil olahan tempurung kelapa itu. Posisi alat dapur dari bahan natural sudah banyak digeser oleh alat-alat dari bahan melamin dan stainless. Mereka menyajikan bentuk dan warna yang lucu dan baru. Berbeda dengan batok kelapa. Tapi, saya yakin, sendok sayur batok kelapa sebenarnya masih diminati di masyarakat. Terbukti dengan banyaknya permintaan pelanggan yang menjadikan sendok sayur batok kelapa sebagai souvenir pernikahan.

souvenir pernikahan unik

Souvenir pernikahan unik dan cantik akan membuat pernikahan berkesan di mata para tamu. Di sisi lain, souvenir harus dibuat sedemikian rupa dan beda dari yang lain. Lebih bagus lagi apabila souvenir pernikahan yang dihadirkan adalah benda-benda yang mempunyai nilai manfaat, sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun tetap menunjukkan sisi “beda”nya. Menjadi kepuasan tersendiri apabila tamu undangan yang hadir menikmati pesta kita, senang dengan souvenir pernikahan yang kita berikan. Apalagi kalau mereka betul-betul memanfaatkan souvenir pernikahan unik yang sudah kita bagikan.

Nah, masih ragu-ragu memilih souvenir yang terbuat dari bahan natural?

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply