Souvenir Handmade adalah Pilihan Tepat Bagi Kamu yang Menginginkan Pernikahan Lebih Eksklusif

Merencanakan pernikahan tentu bukan hal yang sederhana ya. Pastinya ada banyak sekali to do list yang mesti dilakukan. Persiapan mencakup persiapan ruhaniah dan fisik. Juga mencakup segala keperluan yang akan dipakai, mulai dari gaun, dekorasi, gedung dimana dilangsungkannya pesta, katering, dan satu lagi yang dianggap krusial yaitu souvenir pernikahan.

Berbicara mengenai souvenir pernikahan, saat ini banyak sekali toko yang menjual segala macam souvenir, mulai dari harga yang sangat murah seribuan sampai yang harga puluhan ribu. Ratusan koleksi souvenir pernikahan dipajang di setiap sudut toko. Namun apa jadinya kalau kita setiap saat bisa menemukan souvenir pernikahan dengan model yang sama di event-event pernikahan teman kita? Souvenir pernikahan yang banyak banget macamnya itu menjadi terkesan biasa dan mainstream.

Sebagai moment terpenting dalam hidup, tentunya kita ingin  pesta pernikahan kita berlangsung sempurna, eksklusif dan berkesan di mata para tamu yang hadir. Salah satu cara untuk mencuri hati para tamu undangan adalah dengan menghadirkan cenderamata atau souvenir pernikahan yang tak biasa atau berbeda.

Souvenir handmade atau souvenir karya tangan bisa jadi adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang menginginkan souvenir eksklusif. Kelebihan karya handmade karena keunikankan, kekhasan, dan lebih detail dibandingkan barang produksi mesin. Hal ini karena produk handmade dibuat oleh mesin “hidup” yang dilengkapi dengan berbagai indera, akal pikiran, perasaan serta emosi. Sparepart luar biasa tersebut tentu tak bisa dibandingkan dengan kinerja mesin yang bekerja berdasarkan program.

Contoh souvenir handmade misalnya aneka bross yang terbuat dari pita satin kreasi Sekar Kencana.

bros ubur

bros handmade

headpiece

Karya lain yang tak kalah memukau adalah kreasi headpiece dan bros dari kain perca.

Karya handmade muncul dari ide-ide kreatif crafter atau pembuatnya. bahkan untuk jenis souvenir yang sama, antara satu dengan yang lain walau sudah dibuat seidentik mungkin, hasilnya tak bisa sama persis. Di situlah letak keunikan karya tangan.

Selain karena kelebihan dan keistimewaannya, produk handmade mempunyai harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan produk buatan pabrik atau mesin. Hal ini dikarenakan jumlah pembuat atau crafternya terbatas. Tidak semua orang dikaruniai kreatifitas dan ketelatenan membuat karya handmade. Membuat pola satu demi satu, menggunting satu demi satu, melipat, kemudian menjahit satu demi satu, hal ini bagi sebagian orang adalah hal yang menjemukan. Tapi berbeda dengan crafter, dia akan menikamti setiap kerja tangannya, bahkan kadang saat sedang sibuk dengan kain atau pita yang sedang dipegang, muncul ide baru kemudian ingin segera mengaplikasikan ide barunya tersebut menjadi sebuah karya.

Namun bagi yang meninginkan sebuah nilai prestisius, harga bukanlah suatu alasan. Karena nilai produk yang didapat sebanding dengan harganya. Kualitas produk handmade bisa jadi lebih bagus ketimbang produk pabrikan. Hal ini karena karya handmade membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses pembuatannya. Otomatis setiap bagianpun dibuat dengan lebih detail. Jadi, jangan bilang karya handmade mahal, karena mereka dibuat dengan jerih payah dan kreatifitas.

 

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply