Posted on Leave a comment

Ide Souvenir Eco Friendly Untuk Mendukung Gerakan Go Green

Souvenir Eco friendly

Trend souvenir eco friendly tampaknya sudah mulai banyak dilirik para pasangan muda. Banyak diantara mereka yang sudah memperdulikan lingkungan dengan memilih souvenir pernikahan yang tidak berpotensi merusak alam.

Pemanfaatan bahan-bahan daur ulang dan ramah lingkungan menjadi poin penting dalam souvenir-souvenir unik ini. Selain itu, barang-barang yang bisa menyatu dengan tanah ketika sudah terbuang juga sangat penting diperhatikan.

Souvenir Eco friendly
Sedotan bambu bisa kamu beli di sini

Tapi apa saja rekomendasi souvenir yang bisa dikatakan mendukung gerakan go green ini? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi souvenir pernikahan yang eco friendly.

Ide Souvenir Eco Friendly Untuk Mendukung Gerakan Go Green

  • Tanaman Hias Mini

Untuk mempercantik ruang kerja kamu, tanaman hias mini bisa jadi pilihan yang menarik. Tanaman-tanaman seperti kaktus, cocor bebek mini, sukulen, sanseivera dan tanaman-tanaman mungil lain bisa jadi pilihan yang menarik.

Tanaman hias ini bisa dikemas dalam sebuah pot lucu dengan berbagai bentuk. Bahkan kamu bisa melukis atau menuliskan kedua nama mempelai pada pot tanaman hias.

sumber

Nah agar terlihat lebih elegan dan aman, tanaman hias mini ini bisa dikemas dalam kotak kardus atau kotak dari anyaman bambu yang menyerupai besek.

  • Sedotan Ramah Lingkungan

Tahukan kamu jika salah satu penyumbang sampah terbesar adalah sedotan plastik? Ya, meskipun terlihat sepele akan tetapi limbah ini jumlahnya sangat banyak.

Nah untuk mengurangi pencemaran lingkungan akibat sampah sedotan plastik, kamu bisa memilih sedotan stainless steel sebagai souvenir eco friendly.

Sedotan dengan bahan stainless steel ini dapat digunakan berulang kali, sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan sedotan plastik. Pilihan warna sedotan ramah lingkungan pun sudah semakin beragam.

Tentunya penggunaan warna yang digunakan pada produk tersebut aman untuk digunakan sebagai alat makan.

Souvenir Eco Friendly Untuk Mendukung Gerakan Zero Waste

  • Sabun Tanpa Bahan Kimia

Ide souvenir satu ini mungkin belum banyak dijumpai. Kamu bisa membuat atau memesan sabun tanpa kandungan bahan kimia sebagai souvenir pernikahan. Tanpa adanya bahan kimia, sabun ini akan lebih larut dan menyatu dengan tanah sehingga tidak menyebabkan polusi tanah.

Bentuk dari sabun tanpa bahan kimia ini pun bisa dibuat sangat lucu. Seperti sabun berbentuk bunga dengan kombinasi beberapa warna. Aroma yang ditawarkan pun sangat beragam.

Biasanya aroma sabun tersebut sesuai dengan bahan yang digunakan, seperti bunga mawar, jasmine atau buah-buahan. Sabun tanpa bahan kimia ini juga harus dikemas dalam wadah yang lucu dan unik, sehingga tamu yang mendapat souvenir ini akan lebih terkesan.

  • Bibit Tanaman

Salah satu langkah paling nyata yang bisa kamu lakukan untuk mendukung gerakan go green adalah dengan membagikan bibit tanaman secara gratis. Yups, caranya adalah dengan memberikannya dalam bentuk souvenir pernikahan.

 Souvenir Eco friendly
Souvenir bibit tanaman bisa dipesan di sini

Kamu bisa memilih bibit tanaman tertentu yang mudah untuk dikembang biakkan. Semisal bibit sayuran atau bibit bunga yang hanya perlu disiangi dan disiram, tanpa perawatan khusus.

Bungkus dari bibit tanaman ini pun pastinya harus eco friendly. Seperti menggunakan kotak yang terbuat dari kardus atau kertas. 

  • Kipas Kayu

Buat kamu yang tinggal di daerah dengan suhu udara panas, kipas kayu bisa jadi pilihan yang cocok untuk souvenir pernikahanmu. Jangan salah sangka dulu, karena saat ini sudah banyak produk kipas kayu yang dibuat dengan desain lebih lucu.

Yups, jika dulu kipas kayu hanya dibuat dengan bentuk persegi seperti milik para penjual sate keliling. Saat ini sudah banyak kipas kayu yang dibuat dengan bentuk love atau bulat, sehingga terkesan lebih estetik.

Kamu bisa menambahkan pita yang sudah tertuliskan nama kedua mempelai dan ucapan terimakasih. Kemudian buat hiasan pita di bagian pegangannya.

  • Teh Berbagai Rasa

Pernah terpikir untuk memberikan souvenir dalam bentuk minuman? Meski bukan minuman siap saji, namun kamu bisa memilih teh sebagai alternatifnya. Tentu bukan teh biasa, kamu bisa memilih the berbagai rasa.

Seperti teh rosela, teh jasmin, teh lemon, leci dan lain sebagainya. Warnanya yang beragam membuat souvenir teh ini terkesan lebih berkelas. Ditambah lagi dengan kemasannya yang cantik dan elegan.

Nah untuk kemasannya sendiri kamu bisa menggunakan kotak kertas ataupun toples kaca yang bisa digunakan berulang kali.

  • Biji Kopi Premium

Kamu pecinta kopi? Ternyata hobi minum kopi juga bisa disalurkan pada tamu-tamu yang datang ke pernikahanmu lho. Caranya dengan memberi souvenir berupa biji kopi premium.

Sebenarnya ada dua pilihan yang bisa kamu ambil, yakni memberikan biji kopi yang sudah disangrai namun belum dihaluskan, atau kopi yang sudah siap seduh.

Namun karena souvenir pernikahan juga membutuhkan estetika yang tinggi, kamu bisa memilih biji kopi sangrai yang dikemas dalam toples kaca. Jangan lupa untuk menuliskan nama kamu dan pasangan pada toples kaca tersebut ya!

  • Eco Bag

Rekomendasi souvenir eco friendly lainnya adalah eco bag. Souvenir yang kini jadi produk unggulan vendor-vendor pernikahan ini bisa kamu pesan dengan berbagai desain dan ukuran. Salah satu vendor souvenir eco bag adalah Sekar Kencana Jogja. Sekar Kencana memproduksi eco bag dengan desain custom yang lucu-lucu.

Pilihan gambar atau tulisan pun bisa disesuaikan dengan keinginan. Seperti menyertakan nama kedua mempelai, tanggal pernikahan atau tulisan/gambar lain yang berkesan.

Sementara untuk pemilihan bahan, kamu bisa menggunakan bahan kain kanvas, blacu maupun bahan batik. Untuk eco bag berbahan kain batik memang biasanya lebih mahal, karena harga bahan bakunya pun sudah cukup tinggi.

Diharapkan, ketika para tamu menggunakan eco bag ini, mereka akan selalu mengingat hari bahagia kamu dan pasangan.

Dengan memilih souvenir eco friendly, diharapkan ini bisa jadi langkah awal kamu dalam mendukung gerakan go green. Selain itu, pemilihan souvenir-souvenir unik di atas juga diharapkan bisa membantu kesadaran setiap tamu akan pentingnya menjaga lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *