Manfaat Kayu Cendana, si Wangi Sahabat Wanita

Kayu cendana wangi (Santalum album) merupakan pohon penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad. Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di Pulau Timor, meskipun sekarang ditemukan pula di Pulau Jawa dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.Begitu Wikipedia mendeskripsikan kayu cendana.

Jadi penasaran dengan kayu yang memiliki aroma wangi ini. Tanaman cendana mengandung minyak atsiri. Minyak atsiri adalah bagian paling berharga dari tanaman cendana. Bagian akar tanaman cendana mengandung jumlah minyak atsiri dengan prosentase paling besar yaitu 10%, kemudian batang mengandung 4-8%, sedangkan bagian ranting dan daun hanya menghasilkan 2-4% minyak atsiri. Dalam perdagangan internasional, minyak atsiri yang ada di dalam tanaman cendana disebut dengan sandalwood oil.

kayu cendana si wangi sahabat wanita

Manfaat minyak cendana sudah terkenal dari masa ke masa. Tekstur minyak cendana yang mudah bercampur dengan minyak essensial dari tanaman lain, membuat minyak cendana sangat diminati oleh industri parfum serta kosmetik. Selain itu, masih ada sejuta manfaat tanaman cendana. Beberapa yang cukup terkenal di masyarakat adalah sebagai berikut:

Anti Depresant

Sebagai bahan aroma terapi, minyak cendana memberikan efek menenangkan. Aromanya diyakini mampu menetralisir hawa negatif. Bahkan dipercaya menghirup aroma wangi cendana, akan meredakan emosi jiwa  secara perlahan-lahan. Kamu bisa mendapatkan manfaat ganda saat menyeduh minyak cendana sebagai bahan aroma terapi, yaitu sekaligus mengharumkan ruangan.

Melancarkan Datang Bulan

Nah, ini yang dimaksud si wangi sahabat wanita. Saat datang bulan, banyak kaum hawa yang merasakan perut tak enak, kembung, pinggang serasa mau putus atau bahkan mules dan kram berlebihan seperti saat mau melahirkan. Nah, teh bubuk kayu cendana mampu mengurangi derita datang bulan dan melancarkannya, dengan cara menyeduh serbuk kayu cendana dengan air panas, kemudian meminumnya setelah hangat.

Mengharumkan Organ Kewanitaan

Banyak kaum wanita yang merasa tak percaya diri di depan suaminya karena organ kewanitaannya yang tak sedap. Selain harus menjaga kebersihan organ intim, mengkonsumsi teh cendana secara rutin diyakini mengharumkan organ kewanitaan Anda.

Masker Pencerah Kulit

Setiap wanita mendambakan kulit yang cerah,sehat,  lembut dan halus. Menggunakan serbuk cendana, air lemon serta madu sebagai masker, bisa menjadi pilihan bagi Anda yang gemar dengan bahan kosmetik alami. Oleskan masker ke wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air. Untuk menambah halus dan mengecilkan pori-porinya, Anda bisa mengoleskan toner seusai memakai masker.

Nah, untuk kayunya sendiri, industri kreatif telah banyak memanfaatkan kayu cendana sebagai barang seni dengan harga jual yang tinggi. Furniture-furniture mewah, frame, dekorasi ruangan, Kipas Cendana, dan aneka kerajinan lainnya. Kipas cendana banyak digunakan sebagai aksesoris serta souvenir pernikahan. Souvenir kipas cendana terkesan mewah dan glamor jika dipadukan dengan pengemasan yang sesuai.

Demikian beberapa manffat cendana dalam kehidupan dan keseharian problem kaum hawa. Semoga dengan sekelumit informasi yang kami tulis di atas, mampu membantu kaum hawa di mana saja. Salam sehat, bugar dan tetap cantik.

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply