Makna Seserahan dan Filosofi yang Tersirat di Dalamnya

Budaya Indonesia sangat kaya dan beragam. Salah satunya adalah budaya adat Jawa. Tradisi dan adat-istiadat masyarakat Jawa masih di-uriuri atau dilestarikan hingga sekarang. Upacara-upacara adat masih banyak diselenggarakan. Hal yang dianggap sakral dan agung salah satunya adalah upacara pernikahan. Prosesi dan tata cara pernikahan Jawa melalui tahapan yang sangat panjang. Sebagian orang menyebutnya ribet dan repot. Tapi bagi mereka yang masih menganggap adat-istiadat adalah sesuatu yang luhur, prosesi pernikahan adat Jawa justru menjadi pilihan. Dalam pernikahan adat, tradisi memberikan seserahan atau sanggan dari calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita merupakan moment yang ditunggu-tunggu. Seserahan bukan hanya sebagai pelengkap upacara pernikahan, namun mempunyai makna yang mendalam. Nah, berikut Sekar Kencana mencoba mengulas makna seserahan dan filosofi yang tersirat di dalamnya.

makna seserahan

papasemar.com

Makna Seserahan dan Filosofi yang Tersirat di Dalamnya

Seserahan merupakan simbol bahwa mempelai pria sanggup dan mampu untuk bertanggung jawab mencukupi kebutuhan hidup si calon pengantin perempuan. Selain kebutuhan dasar, disisipkan juga barang dan makanan yang menjadi simbol keseriusan mempelai pria untuk mencintai dan menyayangi calon istrinya. Berikut 10 macam seserahan dan filosofinya. Simak ya.

Seperangkat alat sholat dan Al Qur’an merupakan simbol bahwa agama merupakan tumpuan utama dalam sebuah rumah tangga

makna seserahan

yukbelajarislam.blogspot.co.id

 

Ketika seorang lelaki memberikan mahar berupa seperangkat alat sholat pada saat akad nikah, seperti yang diulas oleh dailymoslem.com sesungguhnya dia telah berjanji untuk mengajarkan sholat dan juga menjaga sholat istrinya, agar sang istri terus meningkatkan kualitas sholatnya dan tidak pernah meninggalkan sholat.

Sedangkan makna dibalik pemberian mushaf Al-Qur’an pada saat akad nikah berarti sang suami berjanji untuk mengajarkan kepada istrinya akhlaqul Qur’an, menjalankan rumah tangga berdasarkan Al-Qur’an, juga mengajarkan kepada istrinya seluruh isi Al-Qur’an dari surat Al-Fatihah hingga surat An-Naas.

Jadi, bagi para istri yang dimahari oleh seperangkat alat sholat dan Al-Qur’an namun belum merasa dididik untuk meningkatkan kualitas sholat dan diajari isi Al-Qur’an, tidak ada salahnya menagih janji pada suami. Juga bagi para suami yang pernah memberi mahar kedua benda di atas, sebaiknya segera memenuhi janji untuk menyampaikan akhlaqul Qur’an pada istri, juga mendidiknya untuk meningkatkan kualitas sholat.

Perhiasan bukan hanya ungkapan cinta, tetapi juga harapan supaya sang istri selalu selalu bersinar dan bercahaya sepanjang hidup

makna seserahan

pinterest.com

Perhiasan populer yang ada dalam seserahan adalah kalung, cincin dan gelang. Masing-masing perhiasan mempunyai filosofi tersendiri. Kalung bermakna melindungi, mengayomi, dan juga sebagai bukti bahwa ia – si pemberi hadiah – dapat diandalkan oleh Anda dalam segala hal. Sebagai seorang suami, sudah barang tentu menjadi tempat ternyaman istri untuk bersandar. Suami adalah tumpuan hidup sang istri, di mana setiap perhatian, keluh-kesah dan suka duka dicurahkan hanya kepada dia.

Seperti yang dibahas sebelumnya, cincin merupakan lambang cinta abadi yang tak pernah berakhir, walau terputus oleh jarak dan waktu. Harapannya sepanjang hayatnya suami dan istri saling menyayangi dan mencintai seutuhnya dan apa adanya.

Gelang bermakna keterbukaan, tidak ada lagi rahasia, juga ia ingin bersama-sama dalam susah ataupun senang. Romantis ya?

Satu set busana wanita menjadi simbol agar dalam rumah tangga baik suami maupun istri mampu menutup rahasia keluarganya dengan baik

makna seserahan

pinterest.com

Tidak hanya sekedar busana, namun pakaian di sini berupa kebaya beserta kain jarik dengan aneka motif batik. Biasanya ibu mempelai pria yang memilihkan kain batik untuk calon menantunya. Batik yang dipilih bukan batik sembarang, namun batik yang memiliki cita rasa tinggi, misalnya batik tulis.

Make up dan perlengkapan tata rias, membawa makna supaya sang istri kelak mampu menjaga penampilannya di hadapan suaminya.

makna seserahan

http://wardahkosmetikaonline.com

Peralatan make up di sini mencakup bedak, lipstik, perawatan kulit, perawatan rambut dan lain-lain. Namun sebaiknya saat mempersiapkan seserahan pihak laki-laki berkonsultasi dulu dengan calon istrinya, jenis atau merk make up apa yang biasa dipakai. Jangan sembarang kosmetik karena tidak semua orang cocok dengan semua merk kosmetik.

Jadah, makanan tradisional Jawa yang terbuat dari ketan

makna seserahan

pinterest.com

Jadah sesungguhnya merupakan makanan tradisional, olahan dari ketan dengan campuran kelapa sehingga rasanya gurih. Di Sunda, jadah disebut dengan uli,ada juga yang bilang gemblong. Makna seserahan  yang tersirat adalah agar cinta kedua calon pengantin ini selalu lengket sepanjang masa, sebagaimana beras ketan yang setelah dimasak akan menjadi lengket.

Buah-buahan bermakna agar keluarga yang terbentuk nanti mampu menjadi berkah bagi saudara dan karib kerabatnya

makna seserahan

1800basket.com

Buah-buahan adalah simbol dan harapan agar pasangan yang menikah kelak bisa menghasilkan berkah dan kemakmuran  bagi keluarga dan orang-orang di sekitarnya. Biasanya buah yang diberikan dalam seserahan adalah pisang, anggur, jeruk, apel dan lain-lain.

Daun sirih merupakan simbol kesejahteraan

makna seserahan

imgur.org

Keberadaan sirih bermakna sebagai harapan kesejahteraan bagi kedua mempelai kelak. Dalam bahasa Jawa disebut sirih ayu/ pinang.

Sepatu atau sandal merupakan simbol bahwa sebagai suami istri hendaknya selalu berjalan beriringan

makna seserahan

favim.com

Sebagai suami istri, kekompakan merupakan hal wajib yang mesti dipegang teguh. Walaupun tugas dan kewajibannya berbeda, tapi mereka saling melengkapi. Berjalan beriringan dan saling support satu sama lain merupakan kunci keberhasilan rumah tangga.

Tas atau dompet merupakan simbol bahwa sang mempelai pria kelak harus mampu menafkahi istrinya

makna seserahan

bukalapak.com

Nah kalian yang hendak merencanakan pernikahan, kalian mesti tahu tentang makna seserahan dan filosofinya biar nggak salah pilih nantinya. Semoga artikel di atas bermanfaat ya. Salam ukhuwah dari Sekar Kencana, tempatnya kamu nyari souvenir unik dan handmade. Kalau butuh souvenir atau merchandise untuk event pernikahan, lauching perusahaanmu, seminar, syukuran haji, kelahiran bayi dan lain-lain, ke sini aja. CP 081328781696 (WA/call/SMS)

Related Posts

No Response

Leave a Reply