Mahar dan Pengertiannya

Bagi saudara muslim, mahar bukanlah sesuatu yang asing di telinga, karena mahar merupakan syarat sahnya pernikahan. Menurut Wikipedia mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan. Mahar dan pengertiannya harus dipahami oleh mereka yang hendak melakukan pernikahan.

Mahar dan Pengertiannya

Dalam Al Qur’an Surat An-Nisaa’ ayat 4 dijelaskan bahwa :
وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً ۚ فَإِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مِنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيئًا مَرِيئًا

Artinya : “Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, Maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.” (QS. An-Nisaa’ : 4)

Kemudian Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam juga bersabda yang diriwayatkan dari ‘Uqbah bin ‘Amir Radhiallaahu anhu ,
خَيْرُ الصَّدَاقِ أَيْسَرُهُ.

“Sebaik-baik mahar adalah yang paling mudah. Diriwayatkan oleh Abu Daud dengan redaksi “Sebaik-baik nikah adalah yang paling mudah”. Dan oleh Imam Muslim dengan lafazh yang serupa dan di sahihkan oleh Imam Hakim dengan lafaz tersebut di atas..”

Karena wujud cintanya yang sangat dalam, kadang calon suami memberikan mahar berupa uang atau perniasan yang dirangkai sedemikian rupa, supaya mahar bisa dikenang sepanjang masa. Tak ada salahnya mereka mengabadikan mahar pernikahannya, supaya anak dan cucu mereka tahu cerita pernikahan nenek buyutnya. Tapi dalam ajaran Islam, mahar sebaiknya yang mudah. Kita hendaknya menyederhanakan mahar pernikahan supaya terhindar dari persaingan dan riya’.

Jenis-Jenis Mahar yang Umum di Masyarakat

Jenis mahar yang sering dipakai di masyarakat saat ini berupa mahar koin, mahar mewah, mahar perhiasan, seperangkat alat sholat, seperangkat busana lengkap bahkan bagi yang suka tampil anti-mainstream mereka memberikan mahar berupa alat-alat hobi atau kegemaran sang calon istri seperti busur panah beserta anak panahnya atau kamera dan kelengkapannya bagi yang hobi fotografi. Semuanya boleh-boleh saja asalkan masih dalam ketentuan mahar dan masuk koridor rela/senang hati serta barang yang diberikan mengandung manfaat, terhindar dari mudhorot dan didapat dengan cara yang baik.

Mahar Koin

Mahar koin merupakan kreasi mahar yang umum dipakai dalam sebuah prosesi pernikahan. Walaupun umum dan biasa, tapi keunikan tiap rangkaian membuat mahar koin jadi nggak biasa. Kreatifitas dan imajinasi jasa rangkai mahar membuat mahar koin tampak semakin prestisius dan menawan. Anda harus memilih jasa rangkai mahar yang tepat supaya hasil mahar yang akan diberikan tidak mengecewakan.

mahar dan pengertiannya

mahar koin bernuansa emas nan mewah

Mahar Pernikahan Unik

Selain mahar koin, ada juga mahar pernikahan dengan kreasi unik. Kreasi ini bisa berupa siluet, mahar sketsa wajah, mahar mas kawin uang, mahar 3 dimensi, mahar buket bunga dan lain-lain. Banyak vendor pernikahan yang sekaligus menyediakan jasa rangkai mahar custom di Indonesia. Anda bisa Googling dan menemukan penyedia jasa rangkai mahar dengan mudah. Apabila masih ragu, Anda bisa mencarinya di daerah di sekitar Anda dan mendatanginya untuk berkonsultasi dan memesannya secara langsung.

Semoga sekelumit bahasan tentang mahar dan pengertinnya di atas membantu Anda yang saat ini sedang mempersiapkan pernikahan.

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply