Inspirasi Kebaya Pengantin Modern 2018, Tak Hanya Anggun Tetapi Juga Elegan

Bukan hanya cantik, wanita yang mengenakan kebaya selalu tampak menawan dan dewasa. Kebaya merupakan busana kebanggaan masyarakat Indonesia, Jawa pada khususnya. Sejarah dan perjalanan kebaya cukup panjang dan mengalami akulturasi budaya dari berbagai belahan dunia, China dan Arab salah satunya. Terlepas dari lika-likunya, sampailah kebaya ke Indonesia dan sekarang kebaya populer dijadikan busana dalam acara-acara penting dan formal seperti pernikahan. Kebaya pernikahan hadir dengan desain yang sangat beragam, menyesuaikan kebutuhan pemakai dan trend perkembangan mode. Berikut Sekar Kencana menyajikan beberapa referensi kebaya pengantin yang layak banget kalian simak.

Inspirasi Kebaya Pengantin Modern 2018, Tak Hanya Anggun Tetapi Juga Elegan

Baju kebaya dikombinasikan dengan berbagai jenis kain sebagai bawahan. Sesuai dengan aslinya, kebaya dipasangkan dengan jarit batik. Namun karena perkembangan trend fashion yang semakin dinamis, sekarang bermunculan kebaya-kebaya yang lebih fleksibel seperti kebaya kombinasi satin, kebaya kombinasi songket, bahkan kebaya yang dimodifikasi menjadi gaun. Biar kalian nggak penasaran, berikut inspirasi kebaya pengantin yang cocok untuk wanita modern.

1. Kebaya kerah shanghai untuk pengantin berhijab

kebaya pengantin

inspirasi kebaya pengantin

Kebaya pernikahan dengan kerah tegak atau biasa disebut dengan kerah shanghai sangat cocok dikenakan oleh pengantin berhijab, karena model kebaya ini tertutup. Kebaya pengantin hijab sebaiknya dikombinasi dengan manset atau lapisan kain yang adem dan nyaman dipakai. Untuk bawahan, kalian bisa memilih batik sebagai pelengkap.

2. Kebaya berekor panjang ala princess

kebaya pengantin

inspirasi kebaya pengantin

Kemewahan yang terpancar dari kebaya berekor panjang ini begitu terasa. Kamu bisa memilih bahan yang ringan seperti satin atau brukat untuk kenyamanan. Sebaiknya lakukan fitting dan latihan sebelum kamu tampil di pelaminan karena pastinya kamu harus berhati-hati supaya bagian bawah kebaya tidak terinjak oleh sepatu.

3. Kebaya kutu baru atau bef

kebaya pengantin

Inspirasi kebaya pengantin

Bef merupakan secarik kain yang menghubungkan lipatan kebaya di bagian dada. Jaman dahulu kutu baru dipasang menggunakan peniti, tapi sekarang lebih sering kita menjumpai kebaya dengan kancing bungkus. Kebaya dengan kutu baru bisa kita jumpai di acara paes pernikahan adat Jawa.

4. Kebaya bali yang menawan

kebaya pengantin

@desimalkebayabali

Kebaya bali identik dengan bagian leher yang terbuka. Tak jarang kebaya bali kita jumpai dengan desain lengan pendek. Bahan brukat dan sifon menjadi pilihan untuk kebaya model ini. Walaupun disebut kebaya bali, tak jarang kebaya ini kita jumpai di acara-acara wedding bertema modern di daerah-daerah lain.

5. Model kebaya pengantin batak

kebaya pengantin

inspirasi kebaya pengantin

Kebaya batak identik dengan model kebaya dengan leher V neck. Panjang kebaya pada umumnya sampai bawah lutut. Model kebaya seperti ini sangat anggun dipadu-padankan dengan aneka jenis kain tradisional seperti batik, songket, sarung bahkan sulaman.

6. Kebaya kartini

kebaya pengantin

inspirasi kebaya pengantin

Kebaya pengantin yang dikenakan penyanyi bersuara empuk Andien adalah jenis kebaya kartini. Kebaya ini pada jaman dahulu merupakan busana wanita ningrat. Kebaya kartini terbuat dari kain katun, brukat atau sifon berhias payet dan bordir. Ciri khas kebaya kartini adalah hiasan bross yang dipasang di bawah kerah.

7. Kebaya kupu-kupu

kebaya pengantin

inspirasi kebaya pengantin

Kebaya kupu-kupu mempunyai ciri khas bagian bawah kebaya berujung runcing menyerupai sayap kupu-kupu. Jenis kebaya ini sangat umum ditemui dalam pernikahan. Desain kebaya kupu-kupu termasuk jenis kebaya modern yang sudah mengalami modifikasi. Fariasi berupa payet dan bordir menjadikan kebaya ini cantik dan menonjolkan kesan feminim lebih maksimal.

8. Kebaya jawa

kebaya pengantin

inspirasi kebaya pengantin

Jenis kebaya pengantin terakhir adalah kebaya jawa. Kebaya jawa mempunyai cutting bagian bawah rata. Bahan baku berupa kain bludru berwarna hitam dengan hiasan tambahan berupa payet emas. Setiap pengantin adat Jawa pasti mengenakan busana kebesaran ini. Kebaya jawa juga memppunyaai kesan mistis dan mewah.

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply