5 Inspirasi Gaun Bridesmaid yang Anggun dan Indonesia Banget

Usia 20-an feed sosial media penuh dengan unggahan teman-teman kamu yang jadi bridesmaid dan groomsmen. Termasuk kamu. Bulan kemarin jadi bridesmaidnya si Anu, bulan ini si Ana, bulan besok si Unu. Jadi bridesmaid mulu, didampingi bridesmaidnya kapan? Ngumpulin gaun bridesmaid mulu, bagiin kain buat mereka kapan?

Dalam budaya Indonesia bridesmaid dan groomsmen adalah sebutan untuk pendamping pengantin perempuan dan laki-laki. Mereka biasanya dipilih dari sahabat dan keluarga dekat mempelai.

Sebetulnya tidak ada patokan khusus model dan desain gaun bridesmaid yang bakalan dipakai. Hanya satu yang mesti diperhatikan, gaun harus diselaraskan dengan tema pernikahan. Ingat ya, bahwa kamu nantinya akan menjadi pengiring di pernikahan sahabatmu, jadi usahakan gaun yang kamu pakai punya desain yang anggun dan berkelas. Jangan kecewakan sahabatmu.

Berikut 5 inspirasi gaun bridesmaid yang anggun dan Indonesia banget, kamu pilih yang mana?

Kebaya kutubaru

 

Salah satu jenis kebaya klasik Indonesia adalah kebaya dengan lipatan di leher menjuntai ke bawah yang disebut dengan bef atau kutubaru. Menurut penuturan para ahli, kebaya kutubaru muncul di Indonesia sejak abad ke-18. Begitu populernya kebaya ini, bahkan Ibu Negara Tien Soeharto kala itu sering mengenakan busana ini.

Kamu bisa memadupadankan kebaya dengan kain jarit atau bawahan bermotif batik. Sudah berasa ningrat banget kan?

Model baju bridesmaid brokat

Brokat merupakan jenis kain yang kaya akan dekorasi. Sejak berabad-abad yang lalu, kain jenis ini identik dengan busana formal. Di Asia, kain brokat berkembang menjadi busana pengantin dan gaun pesta. Benar saja, karena kain brokat ini sangat cantik diaplikasikan menjadi berbagai desain busana. Tapi kamu juga harus ingat, tekstur kain brokat kasar dan gatal apabila menempel di kulit, jadi kamu harus menambahkan kain furing sebagai pelapis bagian dalam.

Gaun bridesmaid batik

Batik merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia yang memiliki nilai estetika tinggi. Sudah sepatutnya kita bangga mengenakan kain yang satu ini. Banyak negara asing yang mengapreasi kain batik khas Indonesia. mereka saja bangga, masa kamu enggak?

Kain batik sangat mudah dipadu padan dengan berbagai kain jenis lainnya. Kamu bisa menyulap batik menjadi dress yang nyaman, kebaya, gaun bahkan gamis.

Cantik dengan dress lurik

Kain lurik merupakan kain khas daerah Yogyakarta. Lurik menjadi kain kebanggaan masyarakat Yogyakarta. Biasanya kain ini digunakan untuk membuat beskap atau baju pria Jawa, tetapi belakangan ini kain lurik naik daun karena dikreasikan menjadi busana yang unik nan cantik. Dengan sentuhan kreativitasmu, kain lurik bisa menjadi dress yang modern dan ciamik loh.

Kebaya Bali modifikasi

Kebaya menjadi jenis pakaian tradisional yang dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Ciri khas kebaya bali tampak pada cara pemakaian selendang. Pada kebaya jawa, kamu akan menemui selendang yang diselempangkan di bahu sebagai pemanis busana, tetapi khusus pada kebaya bali, selendang diikatkan di bagian pinggang. Cara pemasangan selendang yang demikian bermakna sebagai simbol pengikatan nafsu serta perilaku buruk.

Bagaimana? Ternyata keragaman budaya kita apabila dikolaborasikan dengan sentuhan jiwa muda, menghasilkan desain busana yang elok dan isnpiratif ya. Sudah memutuskan memilih salah satu rujukan gaun bridesmaid di atas?

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan