Ide Souvenir Ramah Lingkungan, Bermanfaat dan Harganya Ramah di Kantong

Ide Souvenir Ramah Lingkungan, Bermanfaat dan Harganya Ramah di Kantong

Saat ini, sampah plastik menjadi masalah serius yang mengancam keselamatan bumi. Parahnya, Indonesia merupakan negara nomor 2 penyumbang sampah plastik di dunia setelah China. Masih ingat kan dengan video viral sungai di daeah Bekasi yang alirannya dipenuhi oleh sampah beberapa waktu yang lalu? Sebagai warga Indonesia, ada perasaan sedih, miris, prihatin dan cemas yang bercampur menjadi satu. Sudah saatnya kita lebih peduli terhadap lingkungan, sudah saatnya kita mengurangi penggunaan plastik dalam segala aktivitas kita.

Pernah nggak kebayang, betapa gigihnya para aktivis dan pemerhati lingkungan hidup mengampanyekan gerakan diet kantong plastik dan zero waste? Iya, mereka berupaya keras untuk mengenalkan ke masyarakat luas dampak buruk sampah plastik bagi ekosistem di bumi. Dampak buruk apa yang mengancam kita saat ini?

  • Partikel plastik
Dipaparkan oleh Greenpeace, pada dasarnya sampah plastik ini berpotensi terbelah menjadi partikel-partikel kecil, yang disebut sebagai mikroplastik dengan ukuran sebesar 0,3 hingga 5 milimeter. Partikel kecil inilah sangat berbahaya, karena berpeluang masuk ke dalam tubuh makhluk hidup, termasuk manusia. Adapun dampak yang bisa ditimbulkan pada manusia antara lain kanker, stroke, serta penyakit pernapasan.
  • Penurunan kesuburan tanah

Timbunan sampah plastik yang menutupi permukaan tanah membuat tanah tidak bisa dimanfaatkan. Selain itu, timbunan sampah akan menghasilkan gas dan zat berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan terhadap bioorganisme tanah. Struktur permukaan dan tekstur tanah akan terganggu dan rusak. Akibatnya, tanah menjadi tidak subur dan tidak produktif.

  • Banjir dan pendangkalan sungai

Pembuangan sampah plastik sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan penyumbatan aliran sungai yang menyebabkan banjir dan anak pinak permasalahan yang muncul setelahnya.

Buat kamu yang sebentar lagi mau ngadain event spesial pernikahan, dan kamu concern banget dengan isu lingkungan, kamu bisa membagikan souvenir pernikahan dengan tema yang nggak jauh-jauh dari go green dan zero waste. Apa saja sih ide souvenir pernikahan yang kekinian, ramah di kantong, tapi sekaligus juga ramah bagi lingkungan? Biar nggak penasaran, simak beberapa referensi souvenir pernikahan yang diproduksi oleh Sekar Kencana Jogja berikut ini.

Ide Souvenir Ramah Lingkungan, Kekinian dan Ramah di Kantong

TOTE BAG BLACU

Ide Souvenir Ramah Lingkungan

Tote bag blacu, yang bisa dimanfaatkan sebagai tas belanja pengganti plastik

Tote bag yang terbuat dari kain blacu di Sekar kencana dijual mulai harga Rp 4.500/pc. Tote bag dilengkapi dengan sablon yang desainnya bisa dikostumisasi. Kamu bisa menyampaikan pesan hijau melalui souvenir tote bag yang diharapkan akan menggugah semangat masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dan menggantinya dengan tas kain yang bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. Beli di sini.

SOUVENIR GO GREEN BENIH TANAMAN

Ide Souvenir Ramah Lingkungan

Souvenir benih tanaman yang dikemas cantik dengan amplop

Memberikan souvenir berupa benih tanaman tak hanya sebagai kenang-kenangan kepada para tamu undangan, tetapi juga hadiah untuk bumi dan penghuninya. Souvenir benih tanaman diharapkan akan membantu kampanye go green dan tamu undangan turut berpartisipasi dalam menjaga keseimbangan ekosistem di sekitar meraka. Makin hijau lingkungan sekitar, makin sejuk udara dan makin nyaman ditinggali. Iya kan? Beli di sini.

SEDOTAN BAMBU

Souvenir sedotan bambu

Sedotan bambu tergolong ramah lingkungan, karena sifatnya yang tidak banyak menghasilkan residu bagi lingkungan. Sedotan bambu sangat cocok bagi mereka yang mempunyai gigi sensitif karena sedotan ini tidak mudah menyerap kalor. Jadi apabila kamu minum minuman panas ataupun dingin, gigi kamu nggak ngilu bersentuhan dengan permukaan sedotan. Harga sedotan bambu dibanderol mulai harga Rp 2000/pc. Untuk membelinya, kamu bisa klik di sini.

SENDOK GARPU KAYU

Souvenir sendok garpu kayu

Dengan menerapkan zero-waste dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya memberikan manfaat untuk bumi, tetapi juga berpengaruh pada kehidupan manusia dan seluruh makhluk di dalamnya. Sendok garpu berbahan kayu menjadi alternatif produk alat makan yang ramah terhadap lingkungan dan sehat karena tidak menyisakan zat berbahaya di makanan. Souvenir sendok garpu kayu ini dijual mulai harga Rp 5.500/set. Kamu bisa membelinya di sini.

SOUVENIR SEDOTAN STAINLESS

Ide Souvenir Ramah Lingkungan

Souvenir pernikahan eco friendly sedotan stainless

Mengusung tema eksklusif, Sekar kencana Jogja memproduksi sedotan stainless dengan kemasan yang beda. Bukan pouch biasa karena kamu tidak akan menemukan tali serutan di sini, tapi kami mengkreasikan kain kanvas dan kain katun sebagai wadahnya. Tidak hanya cantik, tetapi wadah sedotan yang satu ini mempunyai bagian dalam yang halus dan lembut karena dilapisi dengan bahan katun jepang. Kamu bisa membelinya di sini.

Ide Souvenir Ramah Lingkungan yang Murah dan Berkesan

Meski tampaknya sepele, tetapi souvenir merupakan wujud apresiasi mempelai kepada para tamu undangan. Kebahagiaan kamu tentu akan berlipat ketika melihat mereka membawa kenang-kenangan setelah menghadiri resepsi pernikahan. Jadi, ada baiknya untuk memilih souvenir pernikahan yang memiliki manfaat bagi para tamu, sekaligus eco friendly. Sudah ada gambaran, kamu mau pilih yang mana?

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan