Ide Resepsi Pernikahan Ramah Lingkungan (Eco Friendly Wedding)

Bumi sedang berduka. Wabah Covid 19 sedang mengintai hampir semua negara di dunia. Walaupun sebagian sudah mulai bangkit dari keterpurukan, tapi jujur tahun ini memang lebih berat dari sebelumnya. Banyak korban jiwa, tak hanya dari masyarakat awam, tetapi juga dari kalangan akademisi dan tenaga medis. Sedih. Tapi kita tak boleh diam saja. Kita harus pro aktif bangkit dan bahu-membahu untuk memutus mata rantai virus di Indonesia. Patuhi anjuran pemerintah untuk tetap tinggal di rumah. Bepergian hanya saat urgent saja. Earth needs to be treated. Let’s wish get well soon to our mother “Earth”. It’s our duty to save her. Sebagai blog pernikahan, tema yang kami angkat kali ini masih berhubungan dengan lingkungan, yaitu ide resepsi pernikahan ramah lingkungan atau yang populer disebut dengan eco friendly wedding.

Artikel Ide Resepsi Pernikahan Ramah Lingkungan (Eco Friendly Wedding) ini ditulis pada tanggal 14 April 2020, di mana Indonesia sedang berjuang melawan pandemi Virus Corona. Bantu doakan semua masyarakat bisa bersinergi dan team medis sebagai garda terdepan kuat dan selalu berada dalam lidungan Tuhan Yang maha Esa. Aamiin. Get well soon, Earth!

Ide Resepsi Pernikahan Ramah Lingkungan

Hari pernikahan merupakan momen yang paling dinanti-nantikan oleh setiap insan. Tak ada satupun yang berharap pernikahannya B aja, semua pasti ingin pernikahannya berjalan meriah dan bahagia. Salah satu konsep pernikahan yang sedang booming belakangan adalah konsep zero waste alias nir limbah. Pernikahan dengan mengusung tema tanpa menimbulkan sampah ini bukan sekedar ngikuti tren dan gaya kaleng-kaleng belaka biar keren diupoad di Insta Story, tidak ya Fernanda, tapi konsep ini  merupakan wujud kepedulian kepada bumi.

So, bagaimana caranya supaya nikahanmu bisa se-zero waste mungkin? Ada beberapa tips yang bisa kamu adaptasi dalam pernikahanmu nanti. Nggak susah-susah kok Gengs, intinya kalau sudah niat, kamu pasti bisa. Siapa lagi yang memulai kalau bukan kita. Kapan lagi kalau nggak sekarang. Global warming is real and it’s here. Saving environment is the need of today, it’s necessary that we shoud conserve environment and everyone should contribute to the cause.

Undangan nikah ramah lingkungan

Undangan pernikahan online bisa kamu pilih. Selain paperless, kamu juga akan banyak menghemat biaya dan waktu. Undangan bisa kamu sebar melalui email, grup WA, sosial media atau platform komunikasi lainnya. Tapi kamu juga perlu menyediakan undangan fisik. Kamu perlu mencetak beberapa lembar untuk dikirim ke tamu-tamu yang kamu anggap lebih pantas menerima, misalnya kolega dari kedua orang tua dan beliau-beliau para sesepuh keluarga, yang lebih nyaman membaca undangan asli daripada mesti melihat layar gawai. Ingat, tidak semua tamu menggunakan gadget dan familiar dengannya.

Tempat pernikahan yang nggak banyak menyedot enerji

Menyelenggarakan pesta pernikahan tanpa rasa bersalah ke bumi. Salah satunya bisa kamu lakukan dengan menyelenggarakannya di tempat yang tidak memerlukan banyak enerji listrik. Green house atau aula dengan penerangan alami mungkin masih jarang di Indonesia. Sebagai alternatif, kamu bisa mengadakan pesta pernikahan di ruangan terbuka atau outdoor wedding party.

Selain hemat enerji karena hampir tidak memerlukan penerangan dari listrik sama sekali, suasana pernikahan outdoor juga cenderung lebih akrab. Pemandangan alam atau taman dan cuaca menjadi faktor penentu pestamu. Jangan pernah memilih musim hujan, itu adalah koentji-nya.

Di ruangan terbuka, tamu juga akan dimanjakan dengan banyaknya spot-spot yang bisa dipakai untuk sefie wefie. Biar lebih berkesan,sediakan beberapa backdrop khusus untuk mereka. Tema floral dan rustik akan lebih manis dan sejalan dengan konsep yang kamu usung.

Gaun pernikahan yang bisa dipakai berulang

Gaun pengantin yang bisa dipakai berulang kali atau lebih tepatnya reusable dress.

Biasanya gaun pengantin hanya dipakai sekali saja saat pesta pernikahan, secara desainnya yang memang hanya cocok dipakai untuk moment tersebut. Setelah pemakaian, gaun hanya akan disimpan sebagai kenang-kenangan. Sayang banget tentunya. Daripada itu gaun bakalan nganggur di lemari, jauh-jauh hari sebelum W-day, kamu bisa memesan busana dengan desain yang lebih sederhana dengan maksud baju pengantinmu nanti bisa dipakai untuk momen yang lainnya seperti anniversary, syukuran, bahkan kondangan.

Hidangan pesta yang minim meninggalkan sampah

Menggunakan zero waste cutlery sangat memungkinkan untuk mengenalkan peralatan makan yang ramah lingkungan kepada para tamu undangan. Momen spesialmu juga bisa kamu sulap sekaligus sebagai sarana edukasi dan sosialisasi gaya hidup nir sampah. Piring anyam atau sendok kayu sangat aman untuk menyantap hidangan.

Hindari penggunaan mangkuk sekali pakai untuk menyajikan makanan berkuah. Menggantinya dengan mangkuk kaca akan lebih baik ketimbang styrofoam atau mika. Hilangkan susunan gelas air mineral yang biasa teronggok di meja katering. Sebagai pengganti, sediakan jar besar berisi aneka jus atau air putih dan gelas kaca.

Berdayakan petani bunga lokal untuk buket dan dekorasi

Dengan memakai bunga segar, pernikahanmu tidak hanya tampak lebih istimewa, tetapi kamu juga turut menyejahterakan petani bunga. Lebih hebatnya lagi, bekas bunga-bunga pernikahan tidak akan mencemari lingkungan karena bisa dijadikan limbah kompos yang tidak meninggalkan residu berbahaya. Bertolak belakang dengan bunga-bunga plastik yang walaupun bisa dipakai berulang-ulang oleh pihak WO, tetapi akan berujung ke tempat sampah ketika sudah aus nanti.

Souvenir ramah lingkungan

Pernikahan Ramah Lingkungan

Sedotan bambu Rp 1.800

Souvenir pernikahan yang bersifat eco friendly cukup banyak tersedia di pasaran. Mulai dari tanaman kaktus, benih tanaman hingga souvenir sedotan bambu ramah lingkungan. Sekar Kencana Jogja sebagai salah satu vendor souvenir pernikahan custom menyediakan sedotan bambu kemas goni dengan harga grosir. Untuk kamu yang terisnpirasi dengan pernikahan ramah lingkungan dan ingin menjadikan sedotan bambu sebagai souvenir, kamu bisa memesannya dengan mudah melalui WA 081328781696 atau klik icon WA di bawah ini.

Sekar Kencana menyediakan produk berkualitas, harga sangat terjangkau dan pengerjaan cepat. Kenapa harga souvenir di Sekar Kencana murah banget? Karena kami bekerja sama dengan penyedia bahan baku langsung. Dengan membeli sedotan bambu, sekaligus kamu juga membantu perekonomian para petani dan pengrajin bambu.

Pengerjaan souvenir 1-2 minggu tergantung jumlah pemesanan. Untuk customer yang berada di wilayah Yogyakarta, souvenir bisa kamu ambil ke tempat kami langsung. Tetapi kami juga menyediakan pengiriman dengan ojek online (Go-Send atau Grab). Untuk pengiriman ke luar kota, kami bekerja sama dengan ekspedisi TIKI, JNE, Pos, Indah Cargo, Travel dan KAlog.

 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan