Green Souvenir, Souvenir Pernikahan Unik Sahabat Lingkungan

Go Green, gerakan cinta lingkungan dan peduli dengan alam sedang banyak digemakan dimana-mana tuh. Nggak ada salahnya kalau kamu memilih konsep pernikahan ramah lingkungan yang semarak dan penuh kesan di hari istimewamu nanti. Sebagai referensi, Sekar Kencana menyajikan beberapa contoh green souvenir, souvenir pernikahan unik sahabat lingkungan. Mau tau apa aja sih souvenir yang masuk kategori ramah lingkungan? Simak ya!

Green Souvenir, Souvenir Pernikahan Unik Sahabat Lingkungan

Yang dimaksud green souvenir nggak melulu harus tanaman ya, tetapi segala macam souvenir atau gift yang nantinya nggak nyampah, nggak ngerusak lingkungan, bermanfaat dan bisa didaur ulang. Pastinya ada banyak banget macamnya. Bisa jadi salah satu contoh souvenir ramah lingkungan di bawah ini mencuri perhatian kamu dan menjadi inspirasi untuk weddingmu.

Souvenir benih tanaman

green souvenir

souvenir benih tanaman

Jadikan moment pernikahan kamu sebagai sarana edukasi dan kampanye cinta lingkungan dengan membagikan souvenir benih tanaman kepada para tamu yang hadir. Ada banyak banget jenis biji-bijian yang bisa kamu pilih sebagai souvenir pernikahan seperti biji bunga, buah, atau bahkan sayuran. Wow, pastinya mereka bakal keinget terus sama moment bahagia kamu waktu mereka merawat tanaman yang kamu bagikan. Eits, ingat ya, kemasan green souvenir juga mesti kamu perhatikan. Kamu bisa memakai kertas daur ulang seperti ini sebagai pembungkus souvenirmu.

Kaktus dan sukulen

green souvenir

pinterest.com

Souvenir yang satu ini nggak hanya cantik dipandang mata, tetapi juga membantu menyejukkan lingkungan di sekitarmu. Kaktus dan sukulen merupakan jenis tanaman yang perawatannya super duper gampang, bahkan bisa dibilang tanaman jenis ini low maintenance plants, cocok banget buat kamu-kamu yang sibuk dan punya segudang aktivitas. Tanaman kaktus bisa kamu kemas sedemikian rupa beserta potnya. Biar tambah keceh, ornamen burlap atau pernak-pernik kecil bisa kamu aplikasikan di dalam kemasan.

Tote Bag

green souvenir

tote bag blacu

Tiap belanja ke supermarket, pasar tradisional, atau bahkan belanja ke warung sebelah rumah, pasti kamu bakalan diberi kantong plastik buat wadah belanjaan kamu. Lagi-lagi kantong plastik, lagi-lagi kantong plastik. Kadang di rumah sampai numpuk nggak karuan dan akhirnya dibuang. Padahal kamu tahu kan, kantong plastik itu kebanyakan nggak bisa terurai sampai 500 tahun. Apa? Berapa generasi tuh? Walau sekarang ada juga sih toko yang memberikan kantong plastik degradable kepada customernya, tapi tetep saja kantong plastik biasa masih aja melimpah ruah menjadi sampah. Nah, souvenir tote bag bisa menjadi alternative buat kamu mengampanyekan cinta lingkunan, supaya tamu undangan kamu nanti pas belanja, mereka nggak perlu pakai kantong plastik, tapi cukup bawa tote bag sebagai wadah barang belanjaan. Tote bag bisa dipakai berulang-ulang. Kalau kotor bisa dicuci kembali.

Frame dari Kertas Daur Ulang

green souvenir

www.instructables.com

Kertas merupakan hasil olahan dari serat kayu. Di Indonesia, kertas diproses dari pohon akasia jenis Acacia Mangium. Ribuan hektare hutan tanaman industri ditebang untuk memenuhi kebutuhan akan kertas di Indonesia. Pernah kebayang pabrik kertas mengolah kayu menjadi kertas? Asap dan polusi pabrik meracuni lingkungan. Ya walaupun sudah ada standar ambang batas kadar polusi yang dikeluarkan, tapi alangkah baiknya kalau kita berbuat sesuatu, walaupun kecil dengan memanfaatkan kertas yang tak terpakai untuk dijadikan sesuatu yang lebih bermanfaat dan bernilai estetika. Frame foto contohnya. Kemasan green souvenir kamu sebaiknya yang ramah lingkungan juga ya, hindari penggunaan plastik, kamu bisa memakai tentengan dari pita atau serat goni untuk mempercantik souvenirmu. Tak perlu dibungkus plastik.

Pouch dari Kain Perca

green souvenir

dompet mini dari kain perca batik

Memanfaatkan kain perca sisa konveksi menjadi dompet merupakan suatu inovasi. Jaman dahulu kain perca kebanyakan didaur ulang menjadi keset, tetapi kini kain perca dipadukan dengan kreatifitas disulap menjadi produk bermanfaat yang bercita-rasa lebih tinggi. Suvenir dompet batik seperti ini bisa kamu dapatkan di Sekar Kencana dengan harga yang sangat bersahabat. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjunginya di sini.

Nah, sudah tahu kan kalau souvenir nikah jaman now ternyata mudah banget didapat di sekitar kita. Kamu bisa memilih vendor souvenir terpercaya yang ada di kota kamu. Apabila kamu termasuk orang yang sangat sibuk, kamu bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan membeli souvenir nikah di vendor atau produsen souvenir secara online.

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply