Destination Wedding, Konsep Pernikahan Impian Para Traveler

Kamu hobi jalan-jalan? Tempat eksotis mana yang pernah kamu kunjungi? Bali, Belitong, Raja Ampat, Gili Trawangan atau bahkan Venice, Maldives atau Phuket mungkin? Buat yang seneng traveling, sensasi menikmati keindahan suatu tempat kadang menyisakan kenangan mendalam yang tak pernah terlupakan. Bahkan setelah kembali ke rumah, rasanya kepengen lagi mengunjungi tempat tersebut. Kebayang nggak bagaimana romantisnya apabila kamu menikah di tempat impian kamu tersebut? Pasti keren abis kan? Konsep pernikahan yang diselenggarakan di luar kota tempat tinggalmu kayak gitu disebut dengan destination wedding.

Destination Wedding, Konsep Pernikahan Impian Para Traveler

Tempat paling favorit yang dijadikan destinasi wedding adalah Bali. Iya, kamu betul banget. Pulau Seribu Pura ini memang romantis dan emang sudah terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Banyak hotel berbintang maupun resort yang khusus menyajikan paket wedding dengan tema-tema menarik, sehingga kamu nggak bakal kesulitan melangsungkan pernikahamu di sana. Istimewanya Bali, di sana kamu bisa menyewa jasa pelayanan pernikahan. Jasa pelayanan pernikahan ini bakal membantu kamu mengurus dokumen nikah di catatan sipil setempat.

Destination wedding butuh perencanaan yang matang

Merencanakan pernikahan di tempat tinggal sendiri saja cukup membuat kepala nyut-nyutan ya, apalagi menikah di tempat yang sama sekali baru bagi kita, tentu tantangannya bakalan lebih banyak. Tapi walaupun begitu, menikah di kota atau negara orang bukan hal yang mustahil, buktinya saat ini destination wedding malah menjadi trend di kalangan milenial. Apa saja perencanaan yang harus kamu lakukan?

Dikutip dari The Bride Debt, ada 7 hal penting yang mesti kamu perhatikan.

  1. Apakah disetujui oleh orang tua?
  2. Berapa orang yang akan kamu undang?
  3. Apakah sesuai dengan budget?
  4. Apakah waktunya tepat?
  5. Perlukah meng-hire local wedding planner?
  6. Apakah kamu akan meng-hire vendor lokal?
  7. Bagaimana dengan akomodasi tamu?

Memohon persetujuan orang tua

Salah satu hal yang tidak dapat dipungkiri di Indonesia mengenai pernikahan adalah adanya izin atau restu dari orang tua. Dalam hidup, orang tua adalah orang terpenting yang memiliki pengaruh besar, dan mereka adalah orang yang dipercaya Tuhan untuk menjaga kita sedari bayi hingga tumbuh menjadi pribadi yang sukses di masa depan. Ketika kamu mau menikah di luar kota, pastikan mereka menyetujui rencanamu, karena hal ini akan berpengaruh pada rencana kedua orang tuamu beserta camer, siapa tahu mereka akan mengundang kolega atau rekan bisnisnya juga.

Jumlah tamu undangan

Mirip dengan intimate wedding, destination wedding biasanya diselenggarakan dalam lingkup yang lebih kecil. Tamu undangan yang hadir tidak lebih dari seratus orang. Hal ini berkaitan dengan akomodasi dan venue para tamu yang kamu undang. Jumlah tamu yang terbatas selain hemat juga terasa lebih intim.

Sesuaikan dengan budget yang ada

Pernikahan di luar kota memang mengundang tamu lebih sedikit sih, tapi hal ini bukan berarti budget yang kamu keluarkan juga lebih kecil. Bisa saja anggaran nikah kamu malah makin bengkak. Hal ini karena kamu mesti menanggung akomodasi keluarga kamu. Pastinya kamu kepengen semua nyaman dan senang kan? Kamu harus menyediakan transportasi dan tempat tinggal  yang memadai untuk mereka.

Waktu penyelenggaraan pesta pernikahan

Musim dan iklim tempat pernikahan kamu nanti juga perlu dipertimbangkan. Misal kamu menikah di Bali dengan konsep out door party, sebaiknya kamu memilih musim yang tepat. Hindari bulan Oktober-April di mana hujan turun hampir setiap hari. Nggak pengen kan pesta kamu hancur lantaran diguyur hujan?

Selain itu pilih hari-hari libur seperti week end. Kalau ada long week end akan lebih baik lagi karena kamu dan keluarga bisa menghabiskan waktu lebih lama bersama setelah pesta usai.

Pertimbangkan untuk meng-hire local wedding planner

Tidak semua calon pengantin mempunyai banyak waktu luang untuk mengurus segala printilan pernikahan dan administrasinya. Kesibukan dalam karier menuntut calon pengantin untuk menggunakan jasa wedding planner. Apalagi lokasi pernikahan berada di tempat yang jauh dari domisili yang mengharuskan calon manten untuk wira-wiri ke tempat diadakan pernikahan nanti. Kebayang betapa rempongnya. Memakan waktu, biaya, dan tenaga. Buat yang nggak mau ribet, wedding planner akan meringankan beban kamu.

Pertimbangkan untuk meng-hire vendor lokal

souvenir pernikahan rustic

souvenir pernikahan rustic

Beragam vendor pernikahan mulai dari bridal, photo dan videographer, groom suit, WO, MC, entertainment, wedding cake, catering, florist, souvenir dan masih banyak lagi pasti kamu perlukan di acara spesialmu nanti. Kamu perlu mempertimbangkan lebih prakis mana, bawa semuanya dari rumah atau hire dari lokasi pernikahan.

Akomodasi tamu

Sediakan informasi yang detail mengenai akomodasi para tamu seperti penerbangan apa saja yang available dan hotel terdekat dengan lokasi. Kalau dirasa perlu, kamu bisa menyediakan website khusus untuk memuat segala informasi pernikahan kamu. Ada banyak vendor undangan digital yang menyediakan paket website dengan tampilan eye catching dan mudah dipahami.

Tertarik untuk menyelenggarakan pesta pernikahan di tempat impian kamu? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi pernikahan hari bahagiamu. Salam hangat dari Sekar Kencana Jogja, produsen souvenir pernikahan custom dengan harga ekonomis dan kualitas premium.

Untuk informasi produk dan pemesanan, silakan klik di sini.

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply