Dekorasi Pernikahan dari Tanaman Hidup Bikin Pesta Jadi Lebih Semarak

Siapa sangka, kaum milenial kini makin hobi mengoleksi tanaman hias. Di timeline Twitter, make over kamar kos dan rumah dengan gaya bohemian dan rustic yang dipenuhi tanaman hias di mana-mana sempat menjadi trending topik beberapa kali. Menurut penelitian, keberadaan tanaman hijau dapat menambah tingkat kesehatan dan kebahagiaan bagi penghuninya. Bahkan sebuah studi menyebutkan bahwa sentuhan hijau pada ruangan juga dapat mengurangi tekanan darah, tingkat stres serta kelelahan pada seseorang. Pernah kepikiran nggak sih, bagaimana kalau tanaman hidup dijadikan dekorasi pernikahan? Wah, kelihatannya asyik nih, jadi makin semangat hunting tanaman!

Pesta Jadi Lebih Semarak dengan Dekorasi Pernikahan dari Tanaman Hidup

Dekorasi pesta pernikahan dengan rangkaian bunga segar sudah biasa. Lalu bagaimana dengan dekorasi berupa tanaman hidup? Seiring dengan makin maraknya gaya hidup eco friendly, dekorasi ruangan dengan tanaman hidup di dalam pot juga lebih praktis dan hemat, karena bunga-bungaan yang dipakai tidak akan terbuang usai acara.

Di Indonesia, trend dekorasi seperti ini belum familiar. Banyak vendor dekorasi pernikahan yang belum menyediakan wedding package dengan tanaman hidup karena perawatan tanaman butuh tenaga ekstra dibandingkan bunga sintetis atau bunga segar yang tinggal beli. Berbeda dengan di luar negeri, tanaman hidup sudah banyak dipilih sebagai pelengkap dekorasi. Kamu tertarik untuk menjadi trend setter? Simak referensi dekorasi wedding berikut ini.

Wedding Sign Vintage Bernuansa Botanical

Kalau kamu menghadiri sebuah pesta pernikahan, kamu akan disambut oleh wedding sign bertuliskan kedua nama mempelai. Wedding sign berfungsi sebagai penanda pernikahan supaya tamu yang hadir tidak keliru memasuki area pesta. Apalagi kalau pestanya berada di gedung yang memiliki banyak ruang, nah wedding sign inilah petunjuk arah yang harus kamu tuju.

Selain sebagai petunjuk dilangsungkannya perhelatan pesta, wedding sign juga berfungsi sebagai dekorasi pernikahan yang akan mempercantik pernikahan kamu. Beberapa jenis tanaman indoor bisa difungsikan sebagai dekorasi yang akan menambah semarak acaramu, misalnya tanaman peace lily, dracaena atau samia.

Peace lily terkenal karena bunganya yang berwarna putih dan wangi. Tanaman ini mempunyai nilai estetis dan  juga dipercaya dapat menyerap zat beracun di dalam ruangan. Sedangkan dracaena merupakan salah satu tanaman penghasil oksigen terbaik yang dapat menetralisir udara kotor lebih efektif ketimbang tanaman lainnya.

Hiasan Meja Katering

Sudah bukan rahasia lagi jika katering merupakan salah satu aspek penting dalam resepsi pernikahan. Boleh dibilang, selain pelaminan, meja katering merupakan centerpiece ke dua dalam sebuah pesta. Tak heran jika pasangan pengantin rela merogoh kocek lebih dalam untuk memberikan jamuan terbaik untuk tamu-tamu mereka.

Dekorasi meja yang menarik akan menambah kenyamanan tamu dalam menikmati hidangan yang disajikan. Beberapa tanaman hias bisa ditambahkan untuk menyelaraskan harmoni pesta pernikahanmu. Tanaman apa saja itu?

Rosemary

Rosemary merupakan jenis  tanaman rempah-rempah. Umumnya rosemary dimanfaatkan untuk pengharum dan penyedap masakan. Tapi dengan ditempatkan dalam sebuah pot kecil, rosemary bisa disulap menjadi hiasan meja yang manis sekaligus menambah selera makan.

Lavender

Lavender adalah tanaman asli Mediterania yang banyak di tanam di seluruh belahan dunia. Tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis rumput-rumputan dan semak pendek. Oleh karena itu, lavender bisa dimanfaatkan sebagai hiasan meja katering tanpa perlu mencabutnya dari pot. Tinggal menambahkan sentuhan dekoratif dalam tiap potnya, dan bunga beraroma semerbak ini siap dipajang di meja makan.

Pakis Boston

Pakis boston, tanaman yang memiliki tinggi batang tak lebih dari 30 cm ini selain memiliki fungsi estetika juga mampu membersihkan udara dari polutan atau racun yang berasal dari lingkungan sekitar.

Begonia

Begonia mempunyai bunga yang warna-warnanya mencolok, mulai dari putih sampai oranye cerah. Daunnya memiliki bentuk yang beragam.

Nuansa Hijau untuk Pelaminanmu

Ingin melangsungkan pernikahan secara akad sederhana ataupun pesta besar-besaran, dekorasi pelaminan tetaplah menjadi centerpiece utama dan paling esensial dalam acara bersejarahmu. Untuk kamu yang ingin merencanakan tema pernikahan zero waste, rustic, tradisional maupun gaya vintage, dekorasi dengan dominasi tanaman hijau bisa kamu pilih. Tambahan properti pot kayu akan memunculkan kesan klasik.

Photobooth Instagramable

sumber

Hari gini siapa yang tidak suka berfoto. Mengabadikan momen berharga dalam sebuah bingkai foto dan membagikannya ke sosial media merupakan kesenangan tersendiri. Untuk melengkapi acara sakralmu, satu buah layar backdrop dan lensa kamera bisa menjadi ice breaking supaya tamu-tamu yang hadir lebih intim dalam menikmati pesta pernikahanmu. Beberapa buah tanaman hijau yang diletakkan dalam pot akan mengadirkan atmosfer yang beda, sehingga pestamu jadi semakin meriah dengan cengkerama tamu undangan di depan kamera dengan pose-posenya yang lucu.

Tertarik untuk mencoba?

Salam hangat dari Sekar Kencana Jogja, produsen souvenir pernikahan custom yang bisa kamu pesan dengan harga sesuai budget. Kunjungi katalog produk kami di LINK INI. Selamat berbelanja!

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan