Pengen Pernikahanmu Tak Terlupakan? Cek 10 Macam Dekorasi Pernikahan Favorit Berikut

Semua setuju kan kalau pernikahan merupakan peristiwa suci, sakral yang menjadi kenangan seumur hidup? Pernikahan adalah suatu moment spesial dalam hidup seseorang yang harapannya hanya dilakukan satu kali saja sepanjang hayatnya. Yang menjadi daya tarik dan pusat perhatian saat menggelar pesta pernikahan adalah dekorasi dan keunikahn desain pelaminannya. Pengen pernikahanmua tak terlupakan? Sekar Kencana merangkum 10 Dekorasi Pernikahan Favorit yang kece badai untuk kalian yang sedang merencanakan pesta pernikahan.

Dekorasi Pernikahan Favorit

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pemilihan konsep dekorasi pernikahan. Selain budget, lokasi pernikahan, juga selera kedua mempelai. Setiap pasangan yang akan menikah pasti membayangkan konsep pernikahan impian mereka. Mereka mulai mencari referensi  tentang tema dekorasi pernikahan yang akan mereka usung di hari pernikahan kelak. Nah berikut ke-10 dekorasi pernikahan favorit tersebut.

1.Dekorasi Pernikahan Bertema Adat

Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai keragaman adat istiadat dan budaya. Salah satu keunikannya adalah penyelenggaraan pernikahan adat. Konsep pernikahan pada dasarnya sama, yaitu upacara menyatukan kedua mempelai dalam sebuah ikatan perkawinan yang sah. Tetapi prosesinya sangat beragam, tergantung adat dan budaya daerah masing-masing misal pernikahan adat Bugis, Minang, Batak, Jawa, Banjar, Bali, dan masih banyak lagi.

Adat Bugis (Sulawesi Selatan)

dekorasi pernikahan favorit

pinterest.com

Keagungan budaya Suku Bugis Makassar sangat terkenal sejak dahulu, terutama dalam seni tari-tarian dan keunikan desain rumah adatnya. Pernah mendengar Tari Pakarena kan? Keindahan seni Bugis juga tercermin dari dekorasi pernikahan yang diselenggarakan oleh masyarakatnya. Ornamen khas rumah-rumahan dengan hiasan atap berbentuk prisma berdiri megah menaungi kursi pelaminan. Pada bagian ujung atap terdapat hiasan menyerupai tanduk. Dekorasi tersebut menggambarkan rumah adat Bugis. Nuansa mewah dan elegan terpancar dari warna dominan berupa gold dan putih.

Adat Minang (Sumatra Barat)

dekorasi pernikahan favorit

lifestyle.okezone.com

Siapalah yang tak kenal Suku Minang. Dari Sabang sampai Merauke kita bisa menemukan rumah makan khas Minang dengan mudah. Tradisi pernikahan ala Minang tak lepas dari miniatur rumah Gadang dengan gaya atapnya yang berlapis-lapis itu. Warna dominan emas dan merah bertaburan di mana-mana, termasuk di kursi pelaminan. Dekorasi ini memunculkan kesan mewah dan megah dalam setiap perhelatan pernikahan Minang.

Adat Batak (Sumatra Utara)

dekorasi pernikahan favorit

finsflorist.com

Dekorasi pernikahan adat batak tak lepas dari hiasan berbentuk rumah Bolon sebagai latar belakangnya. Ornamen tambahan berupa ukiran-ukiran bercita rasa seni tinggi yang disebut gorga juga tak ketinggalan turut mempercantik dekorasi pelaminan. Kalian bisa melihat, paduan warna maroon dengan putih menambah manis kesan yang ditimbulkan.

Adat Jawa (Jawa Tengah dan Yogyakarta)

dekorasi pernikahan favorit

abetgalery2.blogspot.co.id

Unsur yang menjadi ciri khas dalam dekorasi tradisional perkawinan jawa adalah gebyok atau pintu ukiran kayu. Gebyok kerap menjadi centerpiece dalam pelaminan. Selain gebyog, mayang sari merupakan ornamen wajib yang harus ada dan dipasang di sisi kanan kiri kursi mempelai. Mayang sari adalah hiasan dari janur kuning yang dirangkai bersama aneka macam bunga dan buah-buahan.

Adat Banjar (Kalimantan Selatan)

dekorasi pernikahan favorit

lkpnoeralita.wordpress.com

Dekorasi pernikahan khas Banjar tak lepas dari warna merah dan kuning. Berbagai ornamen khas Kalimantan Selatan berupa ukir-ukiran bertema floral dan kaligrafi menghiasi setiap sisi pelaminan.

Adat Bali

dekorasi pernikahan favorit

ImGrid

Salah satu ciri khas dekorasi pernikahan favorit Suku Bali adalah dipasangnya gayor angkul-angkul. Gayor merupakan hiasan menyerupai gapura yang dipasang di pintu rumah pengantin.

2.Tema Shabby Chic

dekorasi pernikahan favorit

hitched.co.uk

Dekorasi ala Shabby Chic dengan bunga dan lace memberi sentuhan feminin nan romantis pada sebuah pesta pernikahan. Pemilihan warna dominan pink dan pastel menjadi ciri khas venue pernikahan ini. Motif bunga-bunga juga tak ketinggalan menyemarakkan pernikahan kalian. Bila kalian termasuk tipe orang yang feminin sekaligus penyuka benda antik, shabby chic bisa pilihan tema dekorasi pernikahan yang tepat.

3.Taman (Garden Party)

dekorasi pernikahan favorit

pinterest.com

Tema pernikahan garden party boleh dibilang sebagai tema pernikahan yang simple dan bisa menjadi alternatif bagi kalian yang menginginkan pesta pernikahan berkesan namun tak memakan banyak biaya. Salah satu faktor penting garden party adalah cuaca. Cuaca menjadi faktor X yang kadang di luar prediksi. Sebaiknya jangan mengadakannya di musim penghujan.

4.Rustic

dekorasi pernikahan favorit

elizabethannedesigns.com

Dekorasi pernikahan bertema rustic didominasi warna natural seperti coklat tanah, broken white dan hijau. Elemen kayu menjadi ciri khas konsep ini. Kesan vintage dan kalem sangat menonjol. Buat kalian yang menyukai kesederhanaan namun tetap ingin tampil elegan, tema rustic bisa kalian pilih.

5.Glamor

dekorasi pernikahan favorit

hotelbethlehem.com

Tak hanya akad nikah, resepsi pernikahan juga menjadi perhatian penting. Makanya sampai saat ini banyak calon pengantin yang sangat concern dalam memilih dekorasi pernikahan. Salah satu dekorasi pernikahan favorit adalah dekorasi dengan tampilan mewah dan glamor. Untuk sebuah dekorasi yang megah menawan, tentu budget yang dikeluarkan juga tidak tanggung-tanggung, bisa puluhan hingga ratusan juta rupiah.

6.Floral

dekorasi pernikahan favorit

pinterest.com

Setiap detail rangkaian bunga mewujudkan kesempurnaan pesta pernikahan kalian. Nuansa bunga selalu memancarkan keromantisan tersendiri. Tema warna bisa menyesuaikan dengan selera kalian. Untuk kalian yang pengen tampil lebih berani, kalian bisa memilih mawar merah sebagai bunga gantung. Namun bagi kalian yang menginginkan nuansa kalem dan magis, kalian bisa memilih bunga-bunga berwarna putih seperti lily ataupun white rose.

7.Klasik Romantis

dekorasi pernikahan favorit

gebeet.com

Dekorasi pernikahan bergaya klasik tak akan pernah lekang dimakan zaman. Tema ini pun paling digemari oleh para pasangan pengantin karena terkesan formal dan elegan. Para orangtua dan keluarga besar juga pasti akan menyukainya karena gaya dekorasi klasik sesuai dengan segala usia dan selera. Bagi kalian yang mempunyai keluarga besar dan kolega yang banyak, desain dekorasi pernikahan klasik cocok diaplikasikan untuk pesta pernikahan kalian.

8. Pantai

dekorasi pernikahan favorit

interclodesigns.com

Mesti diakui bahwa pantai merupakan magnet yang menarik, birunya air berpadu pasir putih keemasan merupakan panorama yang tidak bosan dipandang. Sementara itu, deburan dan gulungan ombak menjadi backsound yang menambah syahdu suasana pernikahan. Bagi kalian yang merasa mempunyai kenangan indah bersama, pantai sangat cocok dijadikan tempat untuk mengabadikan cinta kalian beserta pasangan. Pilih cuaca dan musim yang tepat mengingat angin di pantai lebih kencang daripada di daratan. Hindari musim penghujan karena badai bisa saja datang di saat tak terduga.

9.Minimalis

dekorasi pernikahan favorit

pinterest.com

Konsep dekorasi pernikahan modern minimalis sangat digemari masyarakat karena selain budget yang dikeluarkan tidak terlalu dalam juga lebih praktis. Persiapannnya juga tidak terlalu lama. Backdrop dengan warna natural dan netral memberikan kesan “aman” yang bisa menyesuaikan dengan outfit kedua mempelai.

10. Cherry Blossom

dekorasi pernikahan favorit

ourweddingideas.com

Tak perlu menikah di luar negeri untuk mendapatkan moment pernikahan yang dipenuhi bunga sakura. Kalian bisa menciptakan sendiri pesta pernikahan bernuansa negara empat musim. Dengan tambahan bunga artifisial berwarna soft seperti pink, peach atau warna-warna pastel lainnya dijamin pesta pernikahan kalian bakalan tak terlupakan. 🙂

Nah, diantara ke 10 ide dekorasi pernikahan favorit di atas, ada yang memikat hatimu? Semoga bisa menginspirasi kalian yang saat ini sedang merencanakan pesta pernikahan ya. Oh iya, jangan lupa, persiapkan juga souvenir pernikahan untuk tamu undangan yang hadir sebagai wujud kasih sayang dan ucapan terima kasih kepada mereka. Kalian bisa mengunjungi Sekar Kencana Shop untuk melihat koleksi souvenir handmade dan unik atau klik http://bit.ly/sekarkencana untuk terhubung dan ngobrol langsung dengan Admin bagian penjualan. Terima kasih.

Related Posts

No Response

Leave a Reply