Kepengen Nikah? Berikut Daftar Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Catat

Pernikahan merupakan prosesi yang sakral, setiap detilnya harus dipersiapkan dengan spesial seperti make-up, gaun, bahkan tata rias rambut. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa sebanarnya list yang harus dipersiapkan jauh lebih banyak dari yang kamu kira? Jangan sampai stres mikirin ribetnya nikahan yang sebentar lagi kamu selenggarakan. Untuk mempermudah mengorganisir kegiatan, sebaiknya kamu buat daftar persiapan pernikahan terstruktur seperti di bawah ini.

Daftar Persiapan Pernikahan

sumber foto Freepik

Kepengen Nikah? Berikut Daftar Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Catat

Pengurusan surat-surat pernikahan

Cara mengurus surat-surat pernikahan sebenarnya nggak pakai ribet kok. Kalau kalian mempunyai banyak waktu, kalian bisa mengurusnya sendiri ke KUA tempat tinggalmu. Tapi kalau kalian pasangan yang super duper sibuk dengan aktivitas kantor, kalian bisa memanfaatkan jasa pengurusan dokumen pernikahan. Lagipula dengan mengurus surat nikah sendiri, kalian bisa menghemat biaya.

Pengecekan kesehatan

Di negara kita, tes kesehatan sebelum menikah memang tidak terlalu populer. Padahal Kementerian Kesehatan sangat merekomendasikan pasangan sebelum menikah untuk menjalani prosedur ini sebagai bentuk keterbukaan masing-masing individu yang akan melangsungkan pernikahan. Tes kesehatan sebelum menikah bisa dilakukan setidaknya tiga bulan sebelum resepsi. Tes kesehatan ini meliputi pemeriksaan fisik, pemeriksaan penyakit turunan, pemeriksaan penyakit menular, pemeriksaan organ reproduksi, dan pemeriksaan alergi.

Cincin pernikahan

sumber foto Freepik

Cincin pernikahan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah prosesi pernikahan. Cincin adalah simbol keabadian atau “eternity”. Bentuk lingkaran cincin pernikahan melambangkan ikatan cinta dan kesetiaan yang abadi dan tidak terbatas diantara kedua pasangan. Pesan ukuran dan model cincin dengan tepat agar nyaman digunakan sepanjang masa.

Lamaran

Sumber foto Pinterest

Lamaran, pinangan atau khitbah  adalah langkah pertama yang dilalui untuk melangkah ke jenjang pernikahan yang umumnya dilakukan oleh seorang pria kepada orang tua wanita untuk meminta izin dan doa restu menikahi putrinya. Lamaran merupakan bukti kesungguhan seorang pria ingin menikahi sang wanita. Dalam prosesi lamaran, biasanya sekaligus dibicarakan mengenai tanggal pernikahan. Tetapi hal ini tidak selalu, karena banyak pula pasangan pengantin yang melakukannya setelah lamaran.

Kesepakatan pranikah

Kesepakatan pranikah, perjanjian pranikah atau prenuptial agreement merupakan sebuah perjanjian kontrak atau kesepakatan yang dibuat sebelum digelarnya pernikahan. Perjanjian ini mengikat kedua calon mempelai dan berisi masalah pembagian harta kekayaan masing-masing atau berkaitan dengan harta pribadi kedua belah pihak sehingga bisa dibedakan jika suatu hari terjadi perceraian atau keduanya dipisahkan oleh kematian.

Perjanjian kawin ini harus dibuat di hadapan akta notaris sebelum dilangsungkannya pernikahan. Setelah perkawinan itu berlangsung, tidak boleh juga ada perubahan dengan cara apapun dan berlaku hingga perkawinan berakhir yang mungkin bisa disebabkan oleh perceraian maupun kematian. (doc. https://www.cermati.com).

Kursus pranikah

Kursus pranikah merupakan pengembangan dari yang sudah dilakukan oleh Kemenag. Tujuan dilaksanakan kursus ini adalah membekali calon pengantin dalam merespon problem perkawinan dan keluarga sehingga menciptakan keluarga sakinah. Walaupun tidak wajib, kamu dan pasangan hendaknya melakukannya demi tercapainya kehidupan keluarga yang lebih baik.

Perencanaan anggaran pernikahan

Setiap pasangan mendambakan resepsi atau pesta pernikahan yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan, tetapi juga sesuai dengan keadaan finansial yang dimiliki.

Menurut Senior Manager Business Development Sequis Life Yan Ardhianto Handoyo, tips untuk merancang biaya pernikahan rasional yaitu 40 persen biaya konsumsi, 20 persen biaya dekorasi, dan 5 persen menjadi biaya akad nikah atau pemberkatan pernikahan. Kemudian, masing-masing 8 persen pembiayaan digunakan untuk biaya pakaian, tempat acara, dan dokumentasi, serta masing-masing 3 persen untuk biaya souvenir dan undangan. Lebih lanjut, siapkan 5 persen untuk biaya lainnya. Tidak hanya itu, Yan juga merekomendasikan menyisihkan 10 persen dari total dana untuk biaya tak terduga. (doc. https://tirto.id/)

Menentukan tanggal pernikahan

Menentukan tanggal pernikahan bisa jadi perkara yang gampang-gampang susah, karena hal ini menyangkut ketersediaan dan restu dari berbagai pihak, misal keluarga, venue yang kosong dan lain-lain. Tentukan tanggal yang realistis dan memberikan jeda/jarak antara persiapan pernikahan dengan penentuan tanggal.

Usahakan menghindari tanggal yang berbarengan dengan kegiatan keagamaan misalnya Ramadhan, Natal, Nyepi dan lain sebagainya. Ingat, tamumu dari berbagai kalangan dan agama, jangan sampai memberatkan tamu yang diundang karena tanggal yang diambil berbenturan dengan kegiatan keagamaan.

Weekend merupakan tanggal yang banyak dipilih pasangan pengantin untuk melakukan pesta, karena di hari tersebut diharapkan semua tamu yang diundang bisa hadir.

Memilih konsep pernikahan

Menentukan tema pernikahan tergantung beberapa faktor seperti budaya, trend yang sedang diminati banyak orang, tema berdasarkan warna, ataupun tema berdasarkan tempat dilangsungkannya pesta, misal garden party.

Menghitung jumlah undangan

Daftar Persiapan Pernikahan

Dalam menentukan jumlah tamu undangan, ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan. Pertama-tama, kamu bisa membuat daftar semua nama tamu undangan dan kelompokkan berdasarkan kategori keluarga, teman, rekan kerja, kelompok sosial lainnya. Batasi jumlah tamu sesuai urutan prioritas sejumlah budget yang kamu miliki, misal 200 tamu, 500 tamu atau bahkan 1000 tamu.

Menentukan lokasi pernikahan

Setelah tema didapat, saatnya menentukan lokasi pernikahan. Sangking pentingnya, memilih wedding venue bisa disebut sebagai prioritas, karena selain membutuhkan dana yang besar, juga harus disiapkan sebaik mungkin terutama jika kamu menyelenggarakan pernikahan di gedung. Pilih tempat dengan review baik, sehingga memberi kenyamanan untuk kalian dan tamu undangan nantinya.

Menyiapkan seserahan dan mahar

Seserahan dan mahar diberikan kepada mempelai wanita saat akad nikah. Seserahan dan mahar dipersiapkan oleh mempelai pria. Sebaiknya calon pengantin pria berkonsultasi dengan pasangannya ketika akan membeli seserahan, karena siapa tahu barang yang diberikan nanti ternyata tidak cocok dengan selera sang wanita.

Pada umunya seserahan berisi Al-Qur’an dan perlengkapan ibadah, perhiasan, pakaian, makeup dan skincare, alas kaki dalam ragam jenis seperti sepatu, selop, dan sendal.

Daftar persiapan pernikahan selanjutnya adalah dokumentasi pernikahan

Foto dan rekaman video merupakan hal yang berharga dalam acara pernikahan. Berikut beberap tips penting sebelum kamu memilih fotografer untuk mengabadikan momen istimewamu.

  1. Pelajari portofolionya
  2. Simak rekomendasi dari teman atau kerabat yang telah lebih dulu menikah
  3. Cari kecocokan dengan fotografer
  4. Kenali fotografermu dengan baik
  5. Pahami dengan baik apa yang akan didapat dari paket foto yang ditawarkan
  6. Perhatikan alat fotografi yang digunakan
  7. Tanyakan dengan jelas kapan mereka mampu menyerahkan hasil foto (doc. Weddingku)

Jangan lupa catering

Menggunakan jasa katering dalam penyelenggaraan sebuah event dianggap sebagai hal yang praktis. Dalam daftar persiapan pernikahan, katering menjadi prioritas kedua setelah gedung. Saat memilih katering, kamu mesti memperhatikan 4 hal berikut, yaitu mempunyai kredibilitas yang baik, pilihan menu yang variatif, bisa melakukan test food dan mampu menandatangi kontrak kerja dengan jelas.

Busana pengantin dan pengiring pengantin

 

Saat ini banyak sekali model baju pengantin yang bisa dijadikan inspirasi. Tapi, terkadang belum tentu baju pernikahan yang dipakai orang lain akan terlihat cocok saat kamu pakai. Kamu bisa memilih opsi menjahit sendiri atau menyewa busana, tergantung kepuasan dan budget yang tersedia. Apabila anggarannya terbatas, lebih baik menyewa daripada membuat/membeli.

Master of Ceremony

Pembawa acara atau host berfungsi sebagai pengatur acara inti. Keberhasilan suatu acara bergantung pada kepiawaian MC. Itulah mengapa kamu tidak boleh salah dalam memilih MC pernikahan. Beberapa tips berikut bisa membantu kamu dalam memilih jasa pembawa acara:

  1. Tentukan bujet
  2. Lihat portofolio dia
  3. Atur pertemuan dengan MC yang menjadi kandidat
  4. Hadiri salah satu acara yang dia bawakan untuk melihat kinerjanya

Foto prewedding

Banyak pasangan yang menganggap sesi foto pre-wedding bukanlah hal penting dilakukan. Mereka menganggap foto pre-wedding hanya membuang biaya. Padahal sebenarnya foto prewedding memiliki banyak benefit, diantaranya menjadi dekorasi saat pesta pernikahan, mempercantik undangan pernikahan dan satu yang pasti foto prewedding akan mengabadikan memori tak terlupakan kamu beserta pasangan.

Desain undangan pernikahan

Menentukan desain undangan pernikahan tidak mudah loh. Kalau kamu salah menemukan vendor yang seide denganmu, hasilnya bisa mengecewakan. Di sinilah pentingnya kamu perlu survey mencari vendor penyedia undangan pernikahan yang kamu anggap cocok dan bisa mengangkat tema pernikahanmu menjadi desain yang menarik dalam undangan.

Souvenir pernikahan

Daftar persiapan pernikahan

Kamu bisa memesan souvenir pernikahan custom di sini

Satu hal yang akan memberikan kesan mendalam dalam memori tamu undangan di sebuah pernikahan adalah souvenir. Secara umum, pemberian souvenir pernikahan bertujuan sebagai apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada para tamu atas kesediaan mereka untuk hadir di pernikahanmu. Pastikan souvenir yang kamu bagikan merupakan benda yang fungsional, unik dan beda dari yang lain.

Salah satu vendor souvenir terpercaya di Yogyakarta adalah Sekar kencana Jogja. Kamu bisa mengunjungi official websitenya di sini atau ke workshopnya di Perumahan Guwosari Blok XII no 80 Pajangan Bantul, Yogyakarta.

Dapatkan produk custom yang unik, berkualitas dan pelayanan yang ramah dari Sekar Kencana.

Bulan madu

Beberapa hari setelah resepsi pernikahan, biasanya pasangan yang baru menikah akan menghabiskan liburan bersama. Bulan madu dianggap sebagai perayaan awal dimulainya hidup baru bersama dengan pasangan. Inilah saat yang paling tepat kamu bisa saling memahami, mengerti, dan pastinya menjaga hubungan berdua dengan mengedepankan komunikasi dan saling terbuka.

Perawatan diri termasuk dalam daftar persiapan pernikahan spesial, terutama bagi calon mempelai wanita

Perawatan sebelum menikah perlu dilakukan, khususnya untuk kaum hawa guna menyiapkan tampilan fisiknya sebaik mungkin. Perawatan sebelum menikah yang perlu dilakukan diantaranya perawatan wajah, mata, leher, tulang selangka, payudara, kuku, rambut, lulur, vagina, bibir dan kaki. Sesibuk apapun kamu, selalu sempatkan merawat diri supaya pas hari H nanti kamu tampil sempurna.

 

 

 

Related Posts

No Response

Tinggalkan Balasan