6 Syarat dan Persiapan Nikah yang Harus Kamu Lalui Sebelum Kamu Naik ke Pelaminan

Menikah. Suatu kata indah dan mulia yang setiap orang pasti mengidam-idamkannya. Nikah dalam istilah syara’ yaitu menghalalkan berkumpulnya laki-laki dan perempuan dengan adanya suatu akad (ijab & qobul). Indonesia, sebagai negara yang kental akan adat dan kearifan lokalnya, tak jarang menikah diselenggarakan dengan hingar-bingar melibatkan sanak keluarga bahkan warna satu kampung. Hal yang unik dan patut kita lestarikan. Nah, tahun ini kamu merencanakan menikah? Sudah tahu syarat-syarat dan persiapan menikah? Berikut kami sajikan 6 syarat dan persiapan nikah sebelum kamu naik ke kursi pelaminan. Simak ya.

6 Syarat dan Persiapan Nikah yang Harus Kamu Lalui Sebelum Kamu Naik ke Pelaminan

syarat dan persiapan nikah

elshinta.com

Adapun ke-6 syarat dan persiapan menikah tersebut adalah:

1. Mengurus surat pengantar dari RT – RW dan Kelurahan (kepala desa)

Kamu harus lapor dulu ke ketua RT di tempat kamu tinggal. Di sana kamu harus memberitahukan kapan tanggal dan waktu menikah. Setelah itu, kamu akan mendapatkan surat pengantar dari ketua RT untuk melaporkan ke kelurahan.

2. Fotocopy akta kelahiran, fotocopy KTP, pas foto, dan ijazah terakhir

1 Fotocopy KTP kamu

1 Fotocopy akta kelahiran kamu

1 Fotocopy Kartu Keluarga kamu

1 Fotocopy KTP & Kartu Keluarga kedua orang tua kita

pas photo  2×3, 3×4, 4×6

1 Fotocopy ijazah terakhir

Materai Rp.6.000,-

3. Apabila Anda ingin menetap di daerah yang berbeda, mintalah surat pindah nikah dari RT – RW dan Kelurahan.

4. Menyiapkan uang sebesar Rp.400.000 untuk biaya pengurusan dan administrasi.

Untuk beberapa wilayah, biaya administrasi ini bisa jadi gratis, semua tergantung kebijakan daerah masing-masing.

5. Datang ke kantor KUA bersama calon bapak mertua untuk menyerahkan berkas – berkas kedua mempelai dan pelatihan ijab & qobul.

6. Test kesehatan jasmani ke Puskesmas

Test kesehatan pra nikah merupakan syarat yang diajukan oleh KUA pada saat pasangan akan menikah. Hal ini penting dilakukan agar masing-masing mengetahui status kesehatan calon pasangannya. Tes kesehtan tersebut meliputi: tes darah lengkap, tes golongan darah dan rhesus darah, tes urine, tes TORCH, tes Hepatitis B atau Hepatitis C, tes gula darah, tes HIV, tes TB, pemeriksaan gigi, tes sperma, tes Sifilis dan PMS lainnya, dan tes hormon tiroid dan TSH.

Selain tes kesehatan di Puskesmas, perlu juga diadakan vaksin bagi calon pengantin. Vaksin tersebut meliputi: vaksin TT, HPV, cacar, Hepatitis A atau Hepatitis B serta MMR.

Nah, demikian 6 syarat dan persiapan nikah yang harus kamu lalui sebelum kamu naik ke pelaminan. Semoga sekelumit artikel ini bermanfaat buat kamu yang dalam waktu dekat ini akan menikah. Salam bahagian!

Related Posts

No Response

Leave a Reply