12 Tips Mempersiapkan Pernikahan Cantik dan Hemat yang Harus Kamu Tahu

Semua pasti setuju ya, kalau pernikahan adalah moment paling spesial dalam hidup seseorang. Moment yang tak akan terlupakan dalam ranah kehidupan, baik keluarga, karib kerabat, sahabat, kolega dan orang-orang di sekeliling kita. Tentunya kita menginginkan acara pernikahan yang penuh keceriaan, kebahagiaan, berkesan dan semua berjalan sempurna sesuai yang kita harapkan.

Persiapan pernikahan perlu dilakukan dengan matang  jauh-jauh hari sebelum dilangsungkannya pesta pernikahan mengingat banyaknya prosesi dan ritual yang harus dilalui. Persiapan pernikahan calon mempelai wanita tentu berbeda dengan calon mempelai laki-laki. Untuk wanita, biasanya ada lebih banyak hal yang perlu dilakukan, dan tentunya lebih ribet mulai dari riasan wajah, pemilihan gaun pengantin, dan lain-lain.

Nah, di sini Sekar Kencana akan memberikan 12 Tips Mempersiapkan Pernikahan Cantik dan Hemat yang Harus Kamu Tahu.

  1. Menentukan Anggaran Pernikahan

Anggaran pernikahan perlu didiskusikan dengan pihak keluarga. Buatlah daftar anggaran pernikahan dengan membaginya dalam beberapa post pengeluaran. Kalau sudah dibuat post pengeluaran sesuai budget yang ada, ya harus dipatuhi. Usahakan pengeluaran riilnya sesuai atau sama dengan yang post yang dibikin. Di sini kita harus punya seni dalam menentukan pilihan yang tepat. Post pengeluaran itu diantaranya:

2. Menentukan Gedung dan Lokasi Pernikahan.

Apabila ingin berhemat biaya, sebaiknya booking gedung untuk melangsungkan pesta pernikahan jauh-jauh hari sebelumnya. Bisa satu tahun sebelumnya, atau 6 bulan sebelum hari H. Pilihlah gedung dengan kapasitas sesuai dengan tamu yang kamu undang. Apabila tamu undanganmu 500 orang, ngapain sewa gedung dengan kapasitas 1000 orang?

3. Menentukan Jumlah Undangan

Jumlah undangan di sini relative ya. Bisa banyak bisa sedikit, tergantung seberapa banyak dikenal dirimu dan keluargamu, tergantung seberapa besar keluarga dan kerabatmu. Namun, apabila pengen berhemat, alangkah baiknya lebih selektif menentukan siapa saja yang akan kamu undang untuk menghadiri pesta pernikahanmu.

4. Mencari Vendor Penyedia Kartu Undangan dan Souvenir yang Ekonomis

Undangan dan souvenir pernikahan sebaiknya pilih yang unik, simple dan tidak pasaran. Pilih yang sesuai dengan budget kamu.

5. Jahit Sendiri Baju Pengantinmu

baju pengantin simple

Kamu bisa menghemat biaya hingga ratusan ribu rupiah kalau kamu menjahit sendiri baju pengantinmu. Artinya, di sini kamu bersama calon pasanganmu bisa membeli jenis kain sesuai selera kamu, kemudian menjaitkannya di tukang jahit langganan. Sekarang sudah menjamur penjahit rumahan kualitas butik kok. Jadi kamu nggak perlu membeli pakaian pengantin yang biasanya dibanderol dengan harga jutaan bahkan puluhan juta itu.

6. Pilih Dekorasi Ruangan yang Simple Namun Tetap Elegan

Rancu? Tentu tidak. Dekorasi yang mewah dengan tenda-tenda besar dan bertema outdoor party tentu tidak masuk dalam kategori ini ya. Yang dimaksud dengan dekorasi ruangan yang simple namun tetap elegan misalnya pesta pernikahan yang mengambil tema vintage, rustic, atau tema-tema dekorasi simple lainnya.

7. Satu Hari Pesta

Di beberapa daerah di Indonesia, ada tradisi pernikahan yang dilangsungkan selama 7 hari 7 malam. Tradisi pernikahan semacam ini tentu menelan biaya yang tak sedikit. Nah untuk satu hari pesta, ritual pernikahan yang berderet panjang itu bisa di cut sebagian, diambil beberapa acara inti saja, misal akad nikah, kemudian jamuan makan bersama tamu undangan sekaligus sebagai resepsi pernikahannya.

8. Hindari Memakai Jasa Wedding Organizer

Tak murah menggunakan jasa wedding organizer atau yang sejenisnya. Kamu hanya perlu mempersiapkan pesta pernikahanmu sejak jauh hari sebelumnya, mengumpulkan satu demi satu pernak-pernik pernikahanmu. Apabila terlalu repot, kamu bisa mengandalkan keluarga dan saudaramu.

9. Bikin Foto Prewedding Sendiri

Bikin foto prewedding sekarang tak sesulit jaman dulu. Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi gadget yang bisa membuat foto biasa menjadi luar biasa. Juga saat ini banyak banget spot spot dengan view yang amazing untuk dijadikan background foto preweddingmu.

10. Bijak dalam Memilih Make Up Artist

Manfaatkan potensi yang ada di sekitarmu. Tak perlu mencari make up artist yang terkenal dengan jam terbang tinggi, karena tentu tarifnya akan selangit. Kamu bisa mencari referensi make up artist di dekat rumahmu, seleksi, mana yang paling memuaskan, kumpulkan testimoni dari pelanggan sebelumnya, kalau sudah lihat hasilnya bagus dan banyak yang puas, udah ambil saja.

11. Pilih Katering yang hemat namun berkualitas.

Dalam hal ini, rumus nomor 10 masih berlaku ya, memanfaatkan potensi yang ada di sekitar rumahmu. Cari katering nggak harus yang kondang. Apabila ada pilihan tempat lain yang cita rasa masakannya enak, namun harga lebih miring, dan bisa diandalkan, ya nggak usah berpikir berulang-ulang lagi, langsung booking saja. Sebaiknya jauh hari sebelumnya, supaya jadwal bisa tertata dengan baik.

12. Fotografer Handal ada diantara Teman-temanmu.

Sekarang, hampir semua orang jago bikin foto keren. Nah, kamu bisa minta bantuan sahabatmu untuk mendokumentasikan prosesi pesta pernikahanmu.

Sekian, semoga tips yang kami sajikan di atas bisa membantu bagi kalian yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan.

 

Related Posts

No Response

Leave a Reply