10 Tips Memilih Souvenir Pernikahan yang Tepat dan Murah

Dalam sebuah pesta pernikahan, kehadiran souvenir merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh tamu undangan. Bagi mereka, souvenir merupakan kenang-kenangan. Setiap jenis souvenir mampu memberikan kesan tersendiri. Sedangkan bagi mempelai dan keluarga, souvenir merupakan wujud terima kasih kepada tamu-tamu yang turut menyemarakkan pesta pernikahannya dan juga do’a restu yang diberikan. Sebelum menikah, tentu kamu harus mempersiapkan segalanya, mulai dari menentukan hari pernikahan, mencari tempat resepsi pernikahan, mengurus administrasi di KUA, bikin foto prewedding unik dan juga berburu souvenir pernikahan. Setiap orang menginginkan pernikahan yang istimewa, sempurna dan berkesan. Nah, bagaimana cara memilih souvenir yang tepat dan murah agar pernikahanmu berjalan seperti yang kamu inginkan? Sekar Kencana merangkum 10 tips memilih souvenir pernikahan untuk kamu. Cek ya!

tips memilih souvenir

10 Tips Memilih Souvenir Pernikahan yang Tepat dan Murah

1. Tentukan jumlah souvenir sesuai dengan tamu undangan

tips memilih souvenir

dhgate.com

Kamu bisa menghitung berapa kebutuhan souvenirmu dengan mengetahui jumlah undangan yang kamu bikin. Jangan lupa tambah beberapa pcs untuk keluarga dan khusus untuk kamu simpan sebagai kenang-kenangan. Misal tamu yang kamu undang ada 300 orang, pesan souvenirnya sebanyak 300 pcs ditambah misal 10 pcs untuk dibagikan ke keluarga dan kamu simpan. Jadi total keseluruhan 310 pcs.

2. Tentukan budget untuk souvenirmu

tips memilih souvenir

udemy.com

Tentukan anggaran biaya pengadaan souvenir sesuai kemampuan kamu. Misal acara wedding kamu budgetnya Rp 50.000.000, kemudian budget souvenir kamu adalah 3% dengan jumlah undangan 300 orang, maka budget souvenir buat pernikahanmu sekitar Rp 5.000/pc. Nah, usahakan souvenir nikahmu harganya nggak lebih dari Rp 5.000/pc-nya nanti.

3. Pilih souvenir yang fungsional

tips memilih souvenir

Pilih souvenir yang memiliki nilai guna. Souvenir pernikahan yang bermanfaat tentu lebih berkesan ketimbang souvenir yang hanya bisa dijadikan sebagai hiasan. Contoh souvenir bermanfaat yang bisa kamu pilih adalah gelas, kipas, dompet, atau gantungan kunci.

4. Cari vendor souvenir pernikahan terpercaya

Kamu bisa mencari tempat penyedia souvenir pernikahan di kotamu. Tapi kalau kamu sudah nemu vendornya, tapi belum nemu jenis souvenir yang tepat sesuai keinginan kamu, kamu bisa mencari jalan pintas dengan Googling dan mencari vendor online. Banyak penyedia souvenir online yang menjual bahkan memproduksi sendiri souvenir yang mereka jual. Produk-produk unik dan custom lebih banyak peminatnya ketimbang produk pasaran. karena siapapun pasti kepengen pernikahannya eksklusif dan tak terlupakan. Betul?

5. Pertimbangkan ukuran souvenir yang akan kamu beli

tips memilih souvenir

pinterest.com

Pilih souvenir yang mudah dibawa. Ukuran souvenir yang terlalu besar kadang membuat repot tamu undangan. Mau dimasukkan ke dalam tas nggak muat, mau ditenteng susah… Nah, jangan sampai souvenirmu malah membuat tamu nggak nyaman bawanya ya. Kalaupun terpaksa kamu harus menggunakan souvenir berukuran besar, kamu bisa melengkapinya dengan paper bag, biar gampang ditenteng dan di bawa-bawa.

6. Pilih souvenir unik yang nggak pasaran

tips memilih souvenir

pinterest.com

Souvenir pernikahan yang terlalu mainstream akan menimbulkan kesan biasa-biasa saja di mata tamu undangan yang hadir. Mereka mungkin sudah pernah memperoleh souvenir sejenis, atau bahkan sudah punya koleksi banyak karena terlalu sering mendapatkan souvenir serupa. Nah biar terkesan lebih prestisius dan istimewa, pilihlah souvenir yang nggak biasa, yang nggak pasaran. Kamu bisa membeli souvenir custom, yang desain dan bentuknya bisa kamu rancang sendiri sesuai keinginan kamu.

7. Perhatikan juga kemasan souvenir

tips memilih souvenir

Kalau souvenirmu udah oke, cantik, unik, tapi kemsannya biasa-biasa aja, yaa…. Sama aja bo’ong 😀 Sayang banget kan? Kemasan plastik sih boleh-boleh aja, tapi biar tambah manis, kamu bisa menghiasnya dengan pita atau manik-manik. Pilih warna pita sesuai tema wedding yang kamu angkat. Dijamin souvenirmu akan tampak lebih bermakna bagi tamumu.

8. Lebih personal dengan kartu ucapan dan inisial

tips memilih souvenir

Tips memilih souvenir selanjutnya adalah membuat souvenirmu lebih personal. Maksudnya souvenir pernikahanmu ya memang spesial dibuat untuk event kamu aja, nggak bisa dipakai untuk event orang lain karena di sana dicantumkan nama atau inisial kamu beserta pasangan. Biasanya selain nama, dicantumkan juga tanggal acara dan kota tempat dilangsungkannya acara. Misal souvenir gelas, nah di gelas itu disablon nama dan tanggal acara, bahkan ada juga yang melengkapi dengan foto.

9. Sesuaikan souvenir dengan tema pernikahan yang kamu ambil

Tips memilih souvenir yang nggak kalah penting selanjutnya yaitu menyesuaikan souvenir dengan tema pernikahan yang kamu usung. Misal kamu mengambil pernikahan dengan tema traditional yang didominasi warna keemasan dan coklat, kamu bisa memilih souvenir kipas cendana atau souvenir kipas batik. Ya biar senada gitu.

10. Pesan jauh-jauh hari sebelum hari H

Langkah terakhir yang nggak boleh kamu abaikan adalah kamu harus memesan souvenir nikahmu jauh hari sebelum hari istimewamu. Kenapa mesti begitu? Karena souvenir pernikahan biasanya dipesan dalam jumlah banyak, pastinya pengerjaannyapun juga butuh waktu lama. Andai souvenir yang kamu kehendaki udah ready pun, tetep proses finishingnya memakan waktu. Apalagi kalau ada penambahan custom sablon dan kartu ucapan. Jadi biar aman, nggak kemrungsung, mending kamu siapkan deh sebulan atau dua bulan menjelang pernikahanmu.

Demikian tips dalam memilih souvenir pernikahan, semoga artikel di atas bermanfaat ya. Oh iya, bagi kamu yang kepengen lihat-lihat souvenir custom, kamu bisa mengunjungi shop Sekar Kencana di sini atau klik tautan ini untuk tersambung langsung dan ngobrol dengan Admin. terima kasih. 🙂

Related Posts

No Response

Leave a Reply