10 Inspirasi Hijab untuk Pernikahan yang Berkonsep Syar’i

Sebagai muslimah, wajib hukumnya mengenakan busana yang menutup aurat sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Allah. Dalam Al Qur’an pada dua surat Al-Ahzab :59 dan An-Nur :31 disebutkan kewajiban wanita muslim menggunakan hijab:

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan hijabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Kemudian dalam surat An-Nur ayat 31:

“…dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya.”

Dalam aturan tersebut jelas, bahwa pakaian hendaknya menutupi seluruh tubuh dan kerudung dijulurkan menutupi dada. Saat ini banyak salah kaprah tentang pemakaian hijab. Banyak busana muslim dengan konsep pernikahan Islami namun hijab yang dikenakan tidak sesuai dengan syara. Jilbab hanya digunakan seolah-olah sebagai simbol keislaman saja. Mereka menutup bagian kepala, tapi mereka lupa bahwa bagian dada juga harus ditutup, bukan dibiarkan hanya tertutup kebaya yang bahkan desainnya ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh. Tidak, busana muslim tidak seperti itu.

Nah, terus bagaimana sih busana yang betul untuk pernikahan sesuai konsep syar’i? Di bawah ini ada beberapa contoh busana muslim, gaun beserta hijab yang bisa menjadi referensi untuk pernikahan kalian.

 

Warna Tanah yang Natural Dipadu Putih Tulang

hijab pengantin syari

hipwee.com

Bagi yang mengusung tema natural untuk pernikahan kalian, warna coklat dipadu putih tulang dan coklat muda sangat cocok dikenakan. Hijab bisa divariasi dengan menggunakan kain satin atau bisa juga silk. Bagian dada ditutup dengan cara menyelempangkan kain kemudian disemat di bagian pundak. Penggunaan aksesoris dengan warna senada juga menambah kesan anggun dan alami.

Putih Gading yang Menyejukkan Hati

hijab pengantin syari

Pinterest

Warna putih gading termasuk warna netral. Cocok dikenakan dalam berbagai konsep pernikahan. Baik pernikahan dengan tema natural, outdoor, rustic, maupun vintage tetep masuk. Selain fleksibel, warna gading juga menambah kesan dewasa dan matang. Nah, bagi kalian yang sudah merencanakan pernikahan dalam waktu dekat, silakan dilirik gaun-gaun dengan warna gading ini.

Tampil Segar dengan Balutan Dusty Pink

hijab pernikahan syari

Pinterest

Dusty Pink menyimpan banyak misteri. Warnanya yang sangat kalem membuat siapapun yang mengenakan tampak lebih dewasa. Kain sifon dipadukan dengan bordir di pinggiran hijab sangat cocok untuk menonjolkan kesan mewah gaun kamu. Dusty pink memancarkan aura segar dan ceria. Untuk kamu yang memiliki kulit putih, warna dusty pink bisa menjadi pilihan kamu.

Putih Bersih dengan Desain Simple Namun Elegan

hijab pernikahan syari

Pinterest

Hijab persegi berwarna putih dengan kombinasi bordir dan payet dipadukan dengan kebaya terlihat simple namun tetap mewah. Untuk memperkuat kesan wedding, kamu bisa menambah veil dari kain tile maupun lace.

Sederhana Bukan Berarti Biasa

hijab pengantin syari

Pinterest

Lagi-lagi warna dusty pink. Namun kali ini kain yang digunakan untuk gaun adalah kain brukat dengan bordir dan payet. Aksen payet gold menambah kesan glamor namun tetep simple. Hijab yang digunakan adalah hijab persegi biasa dengan sedikit diselempang ke arah samping.

Kombinasi Batik dan Tile dipadu Kerudung Persegi

hijab pernikahan syari

Pinterest

Konsepnya masih sama dengan gaun dusty pink di atas. Gaya memasang hijabnya juga sama. Hijab persegi yang dipakai biasa kemudian bagian tengahnya ditarik ke samping dan disemat. Untuk menambah kesan mewah, bisa dilapisi dengan kain sifon atau tile sebagai veil.

Putih Bersih dengan Juntaian Kerudung Panjang

hijab pernikahan syari

moslemfamilyoutlet.wordpress.com

Gaun pengantin yang satu ini didesain berlapis-lapis sehingga menimbulkan kesan princess dan mewah. Cantik dipadukan dengan hijab yang panjang, juga berlapis kain tipis. Kain pelapis bisa berupa sifon, tile maupun lace.

Biru Saphire Ternyata Juga Cantik

hijab prnikahan syari

Pinterst

Warna biru terbagi menjadi banyak sekali grade atau tone. Misalnya biru langit, indigo, navy, biru laut, artic, denim dan lain-lain. Nah kalau biru yang seperti ini disebut biru safir. Biru yang kalem dan sangat lembut dipandang mata. Kain sifon berwarna senada dipadankan dengan gaun biru safir. Dengan aksen payet dan bordir simple menimbulkan kesan kalem dan anggun. Kamu bisa menambahkan bros batu-batuan di bagian pundak agar sedikit gemerlap dan wah.

Padu Padan Kerudung Berlapis

hijab pengantin syari

Pinterest

Modifikasi pemakaian hijab sangat beragam, tinggal kita yang pandai-pandai membuat kreasi. Namun tahukah kalian bahwa hijab polos persegi ternyata lebih mudah dikreasikan dengan memadu padankan bersama hijab lain dengan warna berbeda? Banyak tutorial pemakaian hijab yang menyuguhkan cara-cara gampang tapi hasilnya sangat memuaskan. Salah satunya hijab yang dikenakan model di atas.

Hijab Panjang Menjuntai

hijab pengantin syari

Pinterest

Suka banget melihat gaun pengantin berwarna putih bersih. Apalagi ditambah hijab menjuntai panjang. Paduan renda, bordir dan payetnya cakep menghias bagian ujung hijab. Buat kalian yang merencanakan prnikahan yang berkonsep syar’i, gamis putih dengan hijab panjang ini bisa menjadi referensi.

Sudah ada yang klik di hati? Semoga ke-10 model hijab di atas bisa menjadi masukan bagi kalian yang sedang merencanakan pernikahan berkonsep syar’i. Terima kasih.

Related Posts

No Response

Leave a Reply