10 Ide Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan, Unik dan Go Green Banget

Sering dengan istilah go green? Sudah tahu apa itu go green? Green sih hijau ya artinya, nah go green maksudnya adalah mencintai lingkungan hidup dengan cara menjaga kelestariannya dengan mengubah gaya hidup, mengurangi kegiatan dan mengurangi produk-produk yang memicu peningkatan pemanasan global. Mengingat bumi kita sebagian sudah nggak terpelihara, pencemaran ada di mana-mana, limbah industri dan sampah plastik masuk ke wilayah perairan sehingga banyak biota laut yang mati, temperatur udara yang semakin meningkat, kabut asap menyelimuti beberapa kota besar di dunia sehingga mengganggu kesehatan, maka muncullah kepedulian dari sebagian umat manusia untuk menyelamatkan bumi agar kembali nyaman ditinggali. Gerakan inilah yang disebut go green. Kamu peduli lingkungan dan bentar lagi mau nikah? Cieeee selamat ya, udah nggak jomblo lagi. Nah, Sekar Kencana mencoba mengulas 10 ide souvenir pernikahan ramah lingkungan yang unik dan go green banget.

souvenir ramah lingkungan

mywedding.com

10 Ide Souvenir Pernikahan Ramah Lingkungan

 

Walau berduri, tapi kaktus mini ini lucu banget

souvenir ramah lingkungan

mamitalks.com

Tanaman kaktus dikenal sebagai tanaman yang tahan dalam segala cuaca. Dia bisa hidup bahkan di daerah yang panasnya ekstrim seperti gurun. Nah, kalau kamu sempat, kamu bisa ber-DIY atau berkreasi sendiri membuat souvenir nikahmu. Cukup menyiapkan kaktus di pot-pot kecil kemudian meletakkannya dalam sebuah paper box warna-warni. Kamu bisa menambahkan kartu ucapan terima kasih kecil di atasnya.

Succulent, si daun tebal ini cantik juga dijadikan wedding favormu

souvenir ramah lingkungan

pinterest.com

Tumbuhan berdaun tebal ini memiliki kemampuan untuk mengurangi penguapan di dalam tubuhnya. Dia mampu beradaptasi di lingkungan tandus dan kering. Hamir mirip kaktus, tapi beda lho. Cara perawatannya yang gampang banget membuat succulent makin rekomended dijadikan souvenir pernikahan.

Benih tumbuhan sekaligus untuk mengkampanyekan cinta lingkungan

souvenir ramah lingkungan

Bristol Bites

Ada banyak banget jenis biji-bijian yang bisa kamu pilih sebagai souvenir pernikahan ramah lingkungan. Biji tanaman bunga atau tanaman buah dan sayur oke juga. Misalnya biji bunga matahari, dahlia, aster, krisan. Atau biji tanaman buah dan sayur misal biji stroberi, tomat, labu, kacang dan lain sebagainya. Jangan lupa cantumkan juga cara menanam dan merawatnya ya. Dijamin pernikahan kamu nggak akan terlupakan bila mereka merawat nanaman-tanaman tersebut hingga berbuah dan panen.

Bonsai, si kerdil yang memikat hati

souvenir ramah lingkungan

sebobu.us

Bonsai merupakan tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Butuh perjalanan lumayan panjang untuk mendapatkan bonsai dengan hasil yang cantik dan memuaskan. Kamu perlu mempersiapkan jauh-jauh hari sebelum pesta pernikahan jika kamu bermaksud membuat sendiri souvenir bonsaimu.

Terarium, taman mini dalam sebuah toples kaca

souvenir ramah lingkungan

pinterest

Kamu bisa memilih jenis-jenis tanaman yang awet da gampang dirawat untuk kamu tanam dalam toples kaca. Succulent dan jenis sanseivera cocok dikombinasikan dengan bebatuan dan media pasir. Tapi mesti ekstra hati-hati ya, karena toples rawan pecah, sebaiknya lengkapi souvenir dengan paper bag kecil agar mudah dibawa.

Teh selain bermanfaat untuk kesehatan ternyata cakep juga dijadikan souvenir

souvenir ramah lingkungan

weddingfavours.ca

Kamu hanya perlu menemasnya dalam wadah yang unik. Selain paperbag, kamu juga bisa memasukkannya dalam mini jar dari bahan kaca. Tempel pakai label event pernikahanmu, hias dengan pita, dan jadi deh.

Kopi tak hanya bikin kamu melek, tapi juga bisa membuat pernikahanmu lebih berwarna

souvenir ramah lingkungan

pinterest.com

Sudah pasti souvenir berisikan kopi tidak akan terbuang percuma. Karena minuman ini dapat diseduh kapan saja. Agar terlihat menarik, kopi wajib dikemas dengan sekreatif mungkin.

Frame foto dari kertas daur ulang

souvenir ramah lingkungan

pinterest

Kamu punya koran bekas atau majalah lama yang udah nggak kepake? Sekarang jamannya paperless, jangan dikit-dikit kertas. Nah, tumpukan kertas-kertasmu yang nganggur di gudang bisa kamu sulap jadi frame foto, hias dengan beberapa ornamen tambahan dan taraaa…jadi deh.

Kotak perhiasan dari karton daur ulang

souvenir ramah lingkungan

etsy.com

Karton bekas dilapisi dengan kain flanel kemudian tambah dengan ornamen dan aplikasi bunga artifisial. Tinggal kreatifnya kamu mau dibentuk apa, pakai warna apa dan kemasan gimana untuk menjadikan souvenir tempat perhiasan ini cantik dan layak dibagikan kepada tamu undangan yang hadir. Kalau kamu malas dan nggak sempat bikin, serahkan saja pada ahlinya, pengrajin souvenir handmade dan custom di sekitarmu.

Goodybag ramah lingkungan

souvenir ramah lingkungan

etsy.com

Tas souvenir blacu model totebag selain bisa dipakai berulang-ulang sehingga mengurangi jumlah penggunaan kantong plastik juga bisa kamu jadikan souvenir pernikahan yang ramah lingkungan. Pilih kemasan yang cantik dan menarik. Kamu bisa menambahkan gambar sablon bertemakan kampanye cinta lingkungan hidup.

Nah, tertarik dengan salah satu ide souvenir pernikahan ramah lingkungan di atas? Semoga artikel di atas bermanfaat buat kalian. Oh iya, untuk jenis souvenir unik lainnya, kalian bisa melihat-lihat koleksi kami di Sekar Kencana Shop atau klik http://bit.ly/sekarkencana untuk tersambung langsung dan ngobrol dengan Admin bagian penjualan. Terima kasih.

Related Posts

No Response

Leave a Reply