10 Cara Menghemat Biaya Pernikahan yang Wajib Kamu Baca Sebelum Melangsungkan Pesta Pernikahan (2018)

Menikah merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu bagi sepasang kekasih. Pastinya mereka menginginkan pesta pernikahan yang berkesan, semarak dan tak terlupakan. Tapi tahukah kalian bahwa biaya pernikahan dari tahun ke tahun semakin merangkak. Setidaknya, budget pernikahan 30 juta akan dihabiskan untuk mencukupi kebutuhan pestanya saja. Belum kebutuhan-kebutuhan yang lain di luar pesta seperti menyewa hotel untuk karib kerabat yang berasal dari luar kota, akomodasi keluarga dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara menyiasati biar pernikahan tetap berjalan sesuai impian kita namun biaya yang dikeluarkan nggak membengkak? Sekar Kencana merangkum 10 cara menghemat biaya pernikahan yang sebaiknya kalian baca sebelum kalian melangsungkan pesta pernikahan.

Cara Menghemat Biaya Pernikahan

Memilih tema pernikahan mewah dengan biaya ratusan juta bukanlah sebuah kesalahan bagi yang memang mempunyai dana yang cukup dan berlebih. Namun akan berubah menjadi sebuah bencana jika kalian memaksakan diri bahkan sampai melakukan pinjaman bank hanya untuk mengejar gengsi agar pernikahannya tampak mewah dan berkesan. Oleh karena itu perhitungan biaya pernikahan dan pemilihan konsep pernikahan sangat penting dilakukan agar pernikahan kalian nanti tidak besar pasak dari pada tiang. Simak 10 tips cerdas menghemat biaya pernikahan berikut:

1. Undangan dan Jumlahnya

cara menghemat biaya pernikahan

http://printingbyjohnson.com

Kalian bebas memilih siapa saja yang mestinya hadir ke pesta pernikahanmu. Bisa teman, kolega, rekan kerja, tetangga. Tapi pintar-pintarlah menyiasati siapa yang benar-benar harus kalian undang. Sesuaikan jumlah undangan dengan budget yang tersedia. Kalau perlu, perketatlah daftar tamu undangan yang pengen diundang misal keluarga, kerabat, teman kantor dan sahabat dekat saja. Konsep-konsep pernikahan private justru memilih tamu undangan sedikit, jadi keintiman prosesi pernikahan lebih terasa.

Setelah menentukan jumlah tamu yang diundang, waktunya menentukan undangan pernikahan yang akan dipakai. Kalau mau yang praktis, kalian bisa memilih menggunakan undangan online. Start budget undangan online berkisar Rp 450.000. Tapi kalau kalian merasa kurang puas dengan undangan online, kalian bisa memilih jenis undangan hemat. Undangan paling murah bisa kalian dapat hanya dengan harga Rp 2.800/pc.

2. Menyewa Busana Pengantin

cara menghemat biaya pernikahan

lens by heruwidodo photography

Harga busana pengantin sangatlah mahal, bisa ratusan ribu hingga jutaan. Kalau kalian memilih menyewa busana pengantin baik gaun maupun setelah pakaian pengantin prianya, kalian jelas sudah menghemat puluhan kali lipat. Sebagian orang menganggap busana pengantin sebagai saksi sejarah, sehingga mereka tak segan mengeluarkan biaya yang banyak untuk membelinya, tapi kenyataannya tidak semua orang mampu membeli busana yang mereka inginkan. Jadi daripada kamu harus menanggung stress, mending sewa aja, praktis, hemat.

3. Make Up dan Hair Do dari Lingkungan Sekitar

cara menghemat biaya pernikahan

pinterest.com

Kecantikan dan ketampanan mempelai ditentukan oleh keahlian juru paes. Tak perlu mendatangkan juru paes terkenal dengan tarif mahal dan jadwal booking yang padat, karena pada dasarnya semua juru paes sudah memahami teknik merias pengantin yang baik dan benar. Syukur-syukur kalau make up artistnya adalah teman sendiri, bisa jadi kalian akan mendapatkan diskon 50% bahkan gratis 😀

4. Minimalisir Biaya Souvenir

cara menghemat biaya pernikahan

souvenir pouch canvas murah

Cari vendor penyedia souvenir pernikahan dengan harga terjangkau. Lebih baik lagi kalau kalian mendapatkan langsung souvenirnya dari pengrajin alias kalian mendapatkan souvenir harga tangan pertama. Pastinya kalian akan menghemat biaya yang banyak sekali. Misal harga tangan pertama selisih Rp 1000,- saja per pc, dikalikan jumlah tamu undangan yang hadir 500 orang, setidaknya kalian menghemat Rp 500.000 untuk budget souvenir nikah kalian.

5. Pilihlah Hari Kerja

Biaya sewa gedung saat week end dan peak season sudah pasti berkali-kali lipat kenaikannya. Untuk menghindarinya, kalian bisa menggeser hari spesial kalian ke hari kerja. Memang resikonya tamu undangan yang hadir nggak maksimal. Ada aja yang memilih tidak menhadiri pesta pernikahan kalian karena kewajiban kerjanya. Tapi jangan kawatir, kalian bisa memilih waktu malam hari untuk melangsungkan resepsi.

6. Dress Code Keluarga

cara menghemat biaya pernikahan

Menikah dengan biaya minim memang memaksa kita untuk cerdas dan berpikir kreatif. Menyiasati pengeluaran biaya pembelian seragam keluarga, kalian tak perlu bingung. Pilih orang tua dan saudara kandung saja yang memakai seragam. Apabila tidak memungkinkan, informasikan dengan baik kepada keluarga dekat agar pas hari H nanti mereka memakai pakaian dengan warna senada. Misal dress code warna merah hati, pink atau biru langsit. Cara menghemat biaya pernikahan selanjutnya adalah…

7. Dekorasi Pelaminan Minimalis

cara menghemat biaya pernikahan

Mewah dan indah itu tidak harus mahal. Dekorasi kursi pelaminan dengan desain minimalis seperti ini bisa kalian jadikan ide pernikahan. Tak membutuhkan banyak tempat. Tambahan rangkaian bunga di sekitar kursi pelaminan merubah yang sederhana menjadi  terkesan mewah.

8. Katering

cara menghemat biaya pernikahan

Untuk menghemat biaya katering, pilih menu yang biasa ada dalam jamuan pernikahan. Menu sup atau masakan berkuah seperti bakso dan soto bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu hidangan sea food atau ayam lebih recommended ketimbang daging. Jangan lupa lengkapi dengan desert wajib berupa buah dan puding. Sebagai pelengkap hidangan, sediakan varian minuman yang wajar-wajar saja, misal air mineral, soft drink, teh dan syrup.

9. MC Temen Kamu

Yakin, setiap orang pasti punya satu temen yang menonjol diantara teman-teman yang lain. Yang mempunyai tingkat kepercayaan diri di atas rata-rata. Yang pandai ngerayu untuk bayarin makan siang. Nah, temen yang mempunyai kemampuan verbal lebih tinggi kayak gitu biasanya mampu menggiring audiens ke suatu topik obrolan yang menarik. Temen seperti itu cocok untuk dijadikan MC di acara weddingmu. Ya kali aja gratis 😀

10. Fotografi dan Videografi

Foto yang diabadikan akan menjadi dokumentasi pernikahan berharga seumur hidup. Anak dan cucu kalian bakalan ngerti bagaimana indahnya kalian waktu menikah dulu. Karena saking dalamnya arti sebuah pernikahan, dokumentasi pernikahan seolah-olah dianggap sebagai suatu kewajiban. Biar lebih hemat, kalian bisa minta bantuan teman atau saudara kalian untuk mengabadikan moment spesial kalian. Dengan semakin mudahnya akses fotografi, hampir setiap orang mampu mengoperasikan kamera, pastinya foto pernikahan kalian nggak akan mengecewakan.

Nah, ternyata cara menghemat biaya pernikahan tidaklah serumit yang dibayangkan ya. Tertarik untuk mencobanya?

Related Posts

No Response

Leave a Reply